Saturday, 4 November 2017

12 Kompetensi Personal dan Sosial yang Harus Dimiliki Guru

Sebagai guru, banyak hal yang dituntut. Dari segi sikap, spritual, atau lainnya dituntut untuk baik. Segalanya itu murni karena memang guru adalah panutan. Sedikit kesalahan, maka bisa jadi fatal karena memang itulah kodratnya sebagai guru. Padahal, sejatinya, guru juga merupakan manusia yang lemah. Di mana, setiap sisi memiliki kekurangan. Namun, begitulah pandangan di masyarakat. Maka dari itu, guru dikategorikan baik jika dari segala aspek memiliki kebaikan.
image:me
Tidak salah memang guru dituntut seperti itu, mengingat pepatah mengatakan, ‘guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa’. Dengan pepatah ini, membuat guru harus totalitas dalam menjalankan profesinya.

Sejatinya guru adalah manusia, maka kekurangan akan tetap didapatkan. Namun, setidaknya berusaha lebih baik akan membawa hal baik juga. Setidaknya, dalam proses belajar mengajar guru memang mampu membuat siswanya merasa nyaman dan lainnya.

Dalam buku Seluk-Beluk Profesi Guru, terdapat beberapa hal yang harus dimiliki oleh para guru, yaitu memiliki kompetensi. Di mana, dari segi ini guru akan menunjukkan kualitas dirinya.  Dan berikut kompotensi yang harus dimiliki oleh para guru dari segi personal dan sosial yang tertera di halaman 52-53. Kompetensi ini disatukan oleh penulisnya yaitu D. Deni Koswara dan Halimah yang dipetik dari A.S. Lardizabal et.al, dan dioleh dari Samana 1994:55-57.

  • Guru menghayati serta mengamalkan nilai hidup (termasuk nilai moral dan keimanan).
  • Guru hendaknya bertindak jujur dan bertanggung jawab.
  • Guru mampu berperan sebagai pemimpin.
  • Guru bersikap bersahabat dan terampil berkomunikasi dengan siapa pun demi tujuan yang baik.
  • Guru mampu berperan serta aktif dalam pelestarian dan pengembangan budaya dan masyarakatnya.
  • Dalam persahabatan dengan siapa pun, guru tidak kehilangan prinsip serta nilai hidup yang diyakininya.
  • Guru bersedia ikut berperan serta dalam berbagai kegiatan sosial baik dalam lingkungan kesejawatannya maupun dalam kehidupan masyarakat pada umumnya.
  • Guru adalah pribadi yang bermental sehat dan stabil.
  • Guru tampil secara pantas dan rapi.
  • Guru mampu berbuat kreatif dengan penuh perhitungan.
  • Dalam keseluruhan relasi sosial dan profesionalnya, guru hendaknya mampu bertindak tepat waktu dalam janji dan penyelesaian tugas-tugasnya.
  • Guru hendaknya dapat menggunakan waktu luangnya (di luar tuntutan tugas keguruannya) secara bijaksana dan produktif.

Demikian kompetensi yang harus dimiliki oleh guru dari segi personal dan sosial. Dengan adanya kompetensi dari guru, maka tingkat dari segi yang disebut akan lebih baik.

Menjadi guru lebih baik itu merupakan hal yang harus dilakukan oleh guru. Dengan cara bertahap, setidaknya itu lebih baik. Tahap demi tahap, bukankah akan menjadi lebih baik? Maka dari itu, setiap guru memang harus memperhatikan kualitas diri. Ini semata demi mencerdaskan kehidupan Bnagsa.

Mari para guru, tetaplah mengharupkan diri sesuai dengan pepatah yang selalu berddengung di masyarakat. Walau, kekuranga n itu ada. Namun, berusaha lebih baik itu sungguh-sungguh hal yang luar biasa.

Berbagi itu menyenangkan. Jadi, jangan sungkan untuk berkomentar. Beri kritik & saran juga diperbolehkan. Salam kenal, ya... ^_^
EmoticonEmoticon