Wednesday, 21 June 2017

Review Kartun: Munki and Trunk



image source


Hallo teman-teman, bagaimana kabar kalian? Semoga baik, ya. Saya di sini berharap demikian. Nah, pada kesempatan ini, saya kembali mereview kartun yang tayang di TV. Kali ini jatuh ke kartun yang tayang di ANTV yaitu Munki and Trunk. Kenapa kartun ini? Tidak tahu kenapa, saya lumayan suka dengan kartun ini. Makanya, pengen banget review kartun ini. Plusnya, saya, kok, kangen review kartun. Hehe. Maklum, saya doyan dengan kartun. Ini efek ikut bocah-bocah di rumah.

Kartun ini, kalau dibuat tulisan termasuk kategori fabel. Kartun ini bertokohkan dua hewan. Yang satu bernama Munki alias monyet, dan satunya bernama Trunk alias gajah. Dilihat dari cerita yang disuguhkan, Munki dan Trunk adalah sahabat. Mereka tidak lepas satu dengan lainnya. Itu terbukti di beberapa episode, mereka memperlihatkan akan makna persahabatan.

image source

Semoga saya tidak salah. Saat episode di mana Munki sangat khawtair tentang nasib bunga Trunk. Tepatnya, bunga Trunk terlindas oleh buah kelapa yang jatuh. Dengan kejadian ini, Munki ingin mengganti bunga Trunk. Beragam cara yang dilakukannya, namun akhirnya gagal. Hingga akhirnya, Munki tahu kalau bunga Trunk masih ada. Munki cukup lega akan hal demikian. Kebetulan, Trunk membawa bunganya untuk disiram. Tapi eh, kenapa harus dibawa, ya? Trunk kan sebenarnya bisa bawa air dengan belalainya. Terus, bisa disiram ditepatnya. Tapi... setelah dipikir-pikir, ada untungnya Trunk bawa bunganya. Bunganya bisa diselamatkan dan masih tumbuh subur. Dengan kejadian ini, sebaiknya Trunk menanam bunganya di tempat lain yang lebih aman. Jangan di batu, apalagi dekat pohon kelapa. Bisa bahaya, kan.

Berikutnya, episode di mana Munki dan Trunk berlomba-lomba memetik mangga di wilayah seberang. Bukan berlomba sih sebenarnya, mereka sama-sama berniat untuk memetik mangga. Namun, biar semangat, kadang mereka melakukan seperti perlombaan begitu. Di sini juga Munki sempat ingin mengajar Trunk untuk naik sebuah tali ala-ala Tarzan. Namun sayang, itu tidak berhasil karena bobot tubuh Trunk. Akhirnya, hanya Munki yang bisa sampai ke wilayah seberang. Dan, kejadian tidak diinginkan terjadi. Munki tergelantung dan seolah teriak minta tolong. Sebagai sahabat, Trunk tidak bisa diam. Trunk berusaha untuk menolong Munki. Hingga akhirnya berhasil dengan bergelantung di tali-tali seperti yang dilakukan Munki. Alhasil, Trunk sampai di pohon mangga tersebut. Namun... ternyata, itu hanya candaan Munki saja. Mereka pun tertawa karena sama-sama brhasil. Tidak lebih dari berapa menit, pohon yang mereka naiki akhirnya tumbang karena bobot tubuh Trunk. Mereka pun tidak bisa menikmati mangga.

Wuhaha... ini lumayan panjang, ya. Tapi, tidak apa-apa. Yang penting, saya memaparkan sedikit kisah persahabatan Munki dan Trunk. Menonton kartun ini memang mampu membuat kita sadar akan sebuah persahabatan.

Nah, bagi orangtua, catatan juga. Selain menikmati tontonan ini, perlu juga ada bimbingan untuk anak-anak. Mungkin, ada adegan yang berbahaya atau hal-hal yang aneh atau tidak boleh dilakukan. Jadi, di sini peran orangtua untuk menjelaskan akan hal-hal yang dilakukan Munki dan Trunk. Baik atau tidaknya.

Baiklah. Cukup dulu review kartun ini. Masih ada beberapa kartun yang ingin saya review. Terutama kartun di RTV. Tapi sayang, saya masih mengumpulkan materi. Kira-kira enaknya direview dengan tulisan bagaimana.

Selamat membaca. Semoga teman-teman suka. Beri masukan juga diperbolehkan, loh. Jadi, jangan sungkan, ya.

Berbagi itu menyenangkan. Jadi, jangan sungkan untuk berkomentar. Beri kritik & saran juga diperbolehkan. Salam kenal, ya... ^_^
EmoticonEmoticon