Ticker

6/recent/ticker-posts

Ketika Kuota 4GB Tidak Cukup Buat Saya



Kehilangan modem dan kartu yang sudah berapa tahun menemani membuat saya harus putar haluan. Sejak ada HP yang beraroma android, saya kembali menjadi pelanggan kartu perdana untuk setiap jenis kartu. Sebelumnya, saat saya membelikan kakak HP, saya lebih memilih membelikannya kartu Axsis, sebab ada beberapa kelebihan dari kartu ini. Antaranya, ada promo Rabu Rawit yang bisa menguntungkan. Berikutnya, kartu Axsis bisa didampingi dengan aplikasi Psiphon. Dengan adanya aplikasi ini, kartu Axsis bisa menjadi alternatif untuk menikmati facebook gratis.

Berapa bulan kakak saya tidak pusing akan pulsa. Tinggal membelikan pulsa untuk memperpanjang masa aktif pulsa saja. Dan saya? Karena ada teman yang menyaranin menggunakan kartu XL, akhirnya saya pindah haluan yang semula menikmati internet menggunakan kartu AS dan Halo, dan kini menggunkan XL. Kenapa pindah haluan? Dulu, kartu As dan Halo menurut saya irit. Saya tidak mudah kehabisan kuota jika menikmati internet. Namun sayang, leletnya lumayan menyita waktu. Setelah kehilangan modem dan kartu, akhirnya XL menjadi andalan saya. Walau sebenarnya saya beranggapan kalau XL itu mahal. Dan sekarang?

Baiklah, mungkin XL adalah kartu tepat yang harus saya gunakan untuk menikmati internet. Awalnya saran teman saya niatkan untuk coba-coba, namun nyatanya bikin ketagihan. Kenapa? Karena jaringannya cepat. Jadi, kalau saya nonton youtube, saya tidak akan menungu lama seperti biasanya. Karena ketagihan ini, akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan kartu XL. Namun...???

Entahlah, sejak tahu XL jaringannya cepat di daerah saya, saya jadi ketagihan untuk mengakses internet. Hingga kuota yang sudah ada tiba-tiba habis. Kenapa demikian? Jadi begini, saya sekarang membeli paket seharga 50 ribu dengan berapa perolehan. Cek gambar.

ketika daftar
sesudah menggunakan

Untuk rincian tersebut, yang khusus di jaringan 2G/3G/4G, menadapat kuota 4GB. Sangat banyak menurut saya ketika melihat sebelumnya banyak kuota yang saya tidak pakai. Namun kali ini, saking mudahnya buka-buka jaringan sosial, youtube, dan download, kuota 4GB tidak cukup untuk saya. Apa saya boros? Saya akui saya boros. Emang, apa saja sih yang saya cari di internet?

ketika melihat April di youtube

Facebook
Tidak lengkap rasanya kalau tidak menikmati facebook dalam sehari. Saya termasuk orang yang jarang buat status. Dalam satu minggu pun tidak pernah. Kalau aktif memang tetap, itu lantaran ada beberapa fanspage, group messenger yang saya ikuti. Mau tidak mau, saya harus tahu sebab ada beberapa informasi yang penting terkait pekerjaan saya.

Youtube
Awalnya, saya tipe orang yang jarang buka youtube. Sejak tahu menggunakan kartu XL cukup cepat aksesnya, saya ketagihan buka youtube. Karena saya mengikuti fanspage April, jadi kalau ada link youtube terkait April, maka saya akan buka. Dan, kuota pun tidak terasa akan habis.

Blog
Kadang saya posting beberapa artikel di blog pribadi. Ini supaya pengunjung blog juga suka tulisan-tulisan saya lainnya. Melihat jumlah pengunjung dalam sehari juga sering saya lakukan. Ini semata supaya saya semangat untuk menulis lagi. Alhamdulillah, beberapa hari yang lalu pengunjung blog saya sudah mencapai 100K.

Berikutnya, terkait dengan 4GB di jaringan 4G, kadang kuota itu tidak berlaku sama sekali. Ini karena daerah tempat saya tinggal belum memiliki jaringan 4G. Jadi, bisa saya katakan kalau kuota ini tidak bergunan di daerah saya. Kuota ini biasa akan terpakai saat saya berada di luar kecamatan. Misal kalau saya ke Labuhan Lombok, Selong, Pancor, dllnya. Namun mengingat saya jarang ke luar kecamatan, jadinya kuota jarngan 4G masih bertahan cukup banyak.

Bagaimana dengan kuota youtube 1GB? Kuota youtube berlaku hanya kuota jaringan 2G/3G/4G sudah habis. Dengan kondisi seperti ini, saya hanya bisa menikmati youtube saja. Saya tidak bisa facebook, blog, dan browsing lainnya. Sangat disayangkan bukan jika dilihat dari jumlah kuotanya?

Dan akhirnya, saya memutuskan kalau saya tidak cukup dengan 4GB, mengingat masa pembelian saya yang paket 1 bulan tidak berlaku selama 1 bulan. Berlakunya hanya sekitar 2 minggu. Dan pekerjaan? Untuk saat ini saya tidak bisa mendownload sesuatu trkait pekerjaan saya. Tapi... bila diingat-ingat, kuota 4GB tidak resmi saya gunaka untuk pribadi, ada beberapa yang saya gunakan untuk download pekerjaan saya. Namun intinya, kuota 4GB tidak cukup buat saya.

Bagimana dengan teman-teman, apa kuota 4GB cukup buat kalian? Berbagi yuk! Karena berbagi itu menyenangkan. Banyak hal yang bisa dibagikan bukan?


Reactions

Post a Comment

0 Comments