Friday, 11 August 2017

Bahaya Tidur Sore Hari Bagi Kehidupan




Identitas Buku
Judul: Jangan Tidur Sore Hari!!!
Tagline: Fakta Medis dan Agama Seputar Bahaya Tidur Sore Hari bagi Kesehatan dan Kualitas Hidup
Penulis: Ariel Hakim
Tahun: Desember 2013
Penrebit: DIVA Press
ISBN: 978-602-255-345-8

Tidur memang merupakan aktivitas yang menyenangkan. Karena saat itulah tubuh akan mengalami istirahat total. Bila pola tidur teratur, maka nikmat kesehatan atau hal baik pun bisa didapatkan. Namun adakalanya bagi sebagian orang sulit sekali tidur. Keadaan itulah yang disebut insomnia. Jika sudah demikian, maka kesehatan akan mudah sekali melemah. Maka dari itu, mejaga pola tidur sangatlah diperlukan.

Banyak orang yang mengerti akan hal itu, tapi tidak jarang diabaikan begitu saja. Banyak penyebabnya. Kelelahan, atau lainnya kerap menjadi alasan nomor 1. Dimaklumi sekali. Bila orang mengalami kelelahan, di waktu apa pun, bila itu tidak ada pekerjaan, maka akan tidur.
Terkait hal itu, waktu yang paling banyak orang melakukan aktivitas tidur adalah pada sore hari. Ini berlaku bagi orang yang bekerja dari pagi hingga siang hari. Saat kelelahan, saat sore hari sangatlah tepat untuk tidur. Lalu, apakah itu sehat?


Dari buku yang saya beli berapa bulan yang lalu, ada banyak hal yang dibahas terkait dengan tidur pada saat sore hari. Oleh karena itu, dalam buku ini berisi beberapa point yang terus mengisi setiap lembar untuk dibaca. Dari sekian point, berikut beberapa paparan yang saya kutip dari setiap halaman buku ini.

Tidur sore hari dari pandangan beberapa aspek sebagai berikut:

Aspek Agama: Rasulullah Saw. bersabda, “Barang siapa tidur setelah Ashar, lalu terganggu akal sehatnya; maka janganlah sekali-sekali ia mencela selain dirinya sendiri.” (halaman 83)

Aspek Budaya: Tidur saat sore hari merupakan aktivitas yang pamali. Di mana Pamali merupakan larangan untuk mengucapkan dan berbuat sesuatu, karena konon berpengaruh buruk pada rezeki, kesehatan, jodoh, bahkan keselamatan orang yang melanggar. (halaman 97)

Aspek Medis dan Ilmu Pengetahuan: Rata-rata, orang hanya menganggap tidur sebagai konsekuensi dari mengantuk. Padahal, tidur dapat membawa pengaruh yang sangat besar bagi kehidupan seseorang, misalnya berkaitan dengan emosi, pikiran, kesehatan badan, kualitas hidup, dan lain-lain. (halaman 127) Selain itu, menurut pandangan medis, tidur di sore atau senja hari bisa mengacaukan proses detoksifikasi di dalam tubuh. Untuk itu, saat terbangun dari tidur di senja hari menjelang Maghrib, biasanya seseorang justeru merasa kurang nyaman, tidak enak badan, linglung, hilang orientasi, sakit kepala dan sebagainya. (halaman 129)

Dan, cukup hanya segelintir yang saya sisipkan. Masih ada lainnya yang siap untuk dibaca. Maka dari itu, memiliki buku ini menyadarkan kita bahwa tidur di sore hari sangatlah tidak baik.

Bagi teman-teman yang memang terbiasa tidur sore hari, memiliki buku ini akan membuat teman-teman sadar bahwa hal itu tidak baik. Kenapa? Setidaknya pemahamanlah yang menyebabkan sadar itu datang.

Sekian dulu teman-teman. Masih banyak lagi buku yang belum saya baca. Sebagian juga ada yang saya baca, tapi masih dalam agenda untuk dibuat reviewnya. Semoga dengan adanya review ini, teman-teman bisa menerimanya. 

Akhirnya, ayo membaca! Membaca akan membuat ilmu kita semakin bertambah. Tidak ada ruginya membaca. Benar begitu?


9 komentar

terimakasih atas infonya,,
membantu sekali dan jangan lupa kunjungi link kami
https://goo.gl/8tTGb7

terimakasih atas infonya,,
membantu sekali dan jangan lupa kunjungi link kami
https://goo.gl/8tTGb7

Wah reviewnya lengkap dari segala aspek, trimakasih infonya

kalo ketidur sampe sore gimana

sama-sama. terima kasih sudah mampir. yuk beli bukunya biar dapat info lebih lengkap lagi. hehe.

kalau ini, kayaknya kasus baru. hehe. entahlah. mungkin selama belum masuk adzan ashar kayaknya tidak apa-apa. kalau lebih lengkapnya sih ada di bukunya.

Nice, budayakan membaca karena akan ada banyak ilmu yg bermanfaat di dalamnya. Makasih mas shaRe ilmu ttg bahaya tidur sore harinya mas....

sama-sama. ini hasil dari baca buku di atas. yuk, baca terus. hehe.

Berbagi itu menyenangkan. Jadi, jangan sungkan untuk berkomentar. Beri kritik & saran juga diperbolehkan. Salam kenal, ya... ^_^
EmoticonEmoticon