Ticker

6/recent/ticker-posts

Bagaimana Bentuk Wajah Kita Saat Meninggal?



Banyak hal yang perlu dipelajari. Membekali diri dengan ilmu merupakan sebuah kewajiban. Ilmu agama dan ilmu lainnya. Jadi, karena hal ini, mari teman-teman kita memperbanyak ilmu. Banyak cara yang bisa dilakukan. Dari baca buku hingga baca buku digital.

Era digital yang paling berdampingan dengan kita. Mungkin, kita termasuk orang yang malas baca buku berupa fisik, entah itu karena malas bawa atau apa pun itu, mari ubah hal itu menjadi digital. Lebih praktis, bahkan bisa dibawa ke mana-mana. Banyak hal gratis berupa digital yang bisa kita peroleh. Play Store merupakan salah satu cara kita utuk memperoleh hal demikian. Lebih gampang, kan?


Terkait hal demikian, saya juga senang bisa ada Play Store ini, ada banyak hal yang bisa saya download. Mulai dari buku, aplikasi, hingga lain-lainnya. Karena saya mengangap beajar itu bisa didapatkan dari mana saja, akhirnya saya mencoba mendownload salah satu kumpulan tentang Kisah dalam Kubur (Malam Pertama di Alam Kubur). Ini seperti buku atau bahasa kerennya adalah e-book. Tidak tahu karena apa saya mendownloadnya. Yang pasti, saya ingin tahu kelak bagaimana kondisi kita di alam kubur. Padahal, bila saya timbang-timbang, rada ngeri membaca e-book ini. Tapi sudahlah, ini demi memperdalam ilmu agama saya. Bukan begitu teman-teman?

Lalu apa saja sih yang didapat dari e-book tersebut? Ada banyak. Mungkin, uraian ini adalah urain sekian. Teman-teman pasti lebih tahu ketimbang saya. Toh, saya baru saja menikmati HP yang beraroma android. Jadi, bila teman-teman malas untuk baca ini, boleh ditinggalkan, kok. Dan, berikut bagian isi dari e-book yang saya baca ini.


Tujuh rupa mayat di dalam kubur sesuai amal di dunia. Ini merupakan bagian dari isi e-book ini. Dan berikut sedikit uraiannya:

Mayat yang wajahnya berbentuk babi
Mereka adalah orang yang selalu mengabaikan sholat dan tidak merasa bersalah ketika meninggalkannya.  Dalam sebuah riwayat Nabi Muhammad bersabda, “Wahai para sahabatku, lihatlah keadaan orang yang meninggalkan sholat. Di hari kiamat nanti akan dibangkitkan oleh Allah SWT seperti babi hutan yang hitam.”

Mayat yang wajahnya berpaling dari arah kiblat
Mereka adalah orang syirik. Selalu menyekutukan Allah SWT.

Kepala mayat berubah jadi batu hitam legam
Mereka adalah orang-orang yang durhaka terhadap orangtuanya. Bahkan, bila ini terjadi, biasanya siksaan akan diperoleh di dunia. Jika sudah meninggal, maka lebih dari dunia siksaannya.

Mayat yang perutnya buncit dan meletup
Mereka adalah orang-orang yang suka makan harta haram.

Mayat yang kukunya mencengkam dan melilit seluruh tubuhnya
Mereka adalah orang-orang yang suka berkelahi dan mengumpat orang lain. 

Kuburnya keluar air yang lebih busuk dari bangkai
Mereka adalah orang-orang yang melakukan atau memakan uang riba.

Mayat yang wajahnya tersenyum
Mereka adalah orang-orang yang berilmu dan beramal soleh.

Demikianlah isi dari e-book yang saya baca. Point yang saya sebut ada di e-book. Tapi, bagian uraiannya sedikit saya ubah dengan kata-kata lain, namun maknanya tetap sama.

Baiklah teman-teman, semoga dengan membaca ini membuat kita sadar (teramsuk saya). Tulisan ini semata untuk mengingatkan, bukan menceramahi. Layaklah kita sebgai sesama muslim saling mengingatkan terutama hala-hal yang baik.

Lalu, bagaimana bentuk wjah kita nanti ketika meninggal? Semua tergantung pada diri kita sendiri. Sekecil apa pun yang kita lakukan, kelak akan kita peroleh. Neraka dan surga, haya kita sendiri yang menentukan. Smeoga kita termasuk orang-orang yang soleh. Amin!


Reactions

Post a Comment

0 Comments