Wednesday, 17 May 2017

Mencoba Membuat Mainan Bongkar Pasang

Zona Kreatif.
Di mana saya membuat sesuatu yang mungkin bisa diterima.

Keponakan yang cewek, jika sudah memiliki mainan baru, apalagi berhubungan dengan gunting menggunting, maka sampah akan berserakan di lantai. Kadang bikin geram dibuatnya. Tidak apa-apa berserakan, asal dia mau membersihkannya. Kadang mau, kadang tidak, bagian ini yang membuat saya kesal dengan dia. Kadang, saking kesal, saya kok suka bikin dia nangis, ya. Aduh. Apa saya termasuk paman yang tidak baik?

Minggu-minggu ini, dia dan beberapa temannya mulai suka main di dalam rumah. Seperti yang saya katakan tadi, kalau bahan mainannya dari kertas, maka dengan santainya dia akan mencari gunting. Karena gunting ada di kamar, maka dia tidak segan membuka pintu kamar. Saya yang kadang lagi tidur suka terganggu dibuatnya. Bikin kesal, kan? Tapi kali ini, saya sedikit punya inspirasi dibuatnya. Ada mainan yang namanya bongkar pasang. Mainan ini sebenarnya tidak membutuhkan gunting, namun supaya hasilnya rapi, maka gunting sangat diperlukan. Bagi yang cewek pasti tahu apa yang saya maksud.

Nah, setelah dapat inspirasi, saya mencoba membuat mainan bongkar pasang menggunakan photoshop. Walau kemampuan saya sedikit, saya coba-coba saja. Dan berikut hasilnya.


Gambar manusia, baju, dan lain-lainnya hasil dari googling. Sedikit ada efek-efek dari menu photoshop yang saya gunakan. Ini sangat standar. Hasil ini juga tidak lepas dari tengok sana sini gambar yang disimpan di laptop.

sumber image: google

Hasilnya memang tidak memuaskan. Apalagi masalah bajunya. Mainan bongkar pasang yang sebenarnya, di bagian baju biasanya menyertakan tangan. Tapi karena kemampuan saya yang sedikit, maka gambar pakaian utuh yang saya edit-edit.

Saya juga sempat mencetak mainan bongkar pasang yang saya buat. Keponakan  saya malah suka. Mungkin itu karena gambarnya seperti nyata, beda dengan mainan sebenarnya.

Terkait tentang coba-coba saya ini, saya berharap teman-teman juga dapat terinspirasi. Teman-teman bisa membuatkan; anak, keponakan, atau saudara lainnya. Jadi, sedikit kemampuan ini, teman-teman bisa menghemat sedikit uang untuk membeli mainan. Tidak mahal memang mainan bongkar pasang. Namun, mainan yang dimainkan oleh orang lain hasil buatan sendiri kadang memiliki nilai tersendiri.

O ya, hampir lupa. Terkait gambar manusia, saya biasanya mencari di google dengan menulis di telusur dengan ‘...... full body’. Titi-titik berarti siapa yang teman-teman ingin cari. Kalau saya, saya menulis nama idol girl band. Biasanya, ada beberapa girl band yang membuat debut atau foto come back dengan full body.

Kalau teman-teman punya keahlian edit meng-edit, sepertinya mainan bongkar pasang ini juga cocok untuk dibuat bisnis. Kalau untuk saya? Pernah berpikir juga sih untuk buat dan menjualnya. Tapi sayang, saya belum percaya diri dengan kemampuan sedikit saya ini. Mungkin lain kali saja, ketika kemampuan saya sudah di atas rata-rata.

Berbagi itu menyenangkan. Jadi, jangan sungkan untuk berkomentar. Beri kritik & saran juga diperbolehkan. Salam kenal, ya... ^_^
EmoticonEmoticon