Ticker

6/recent/ticker-posts

Perbandingan Antara XL dan As

Kalian lebih suka pakai XL atau As?
Bagi cerita kalian, ya. Biar sama-sama tahu mana yang lebih enak digunakan.
Ditunggu!


Sekarang pengguna seluler lebih selektif dalam memilih kartu perdana. Itu lantaran demi menemukan yang tepat. Apalagi, seluler yang digunakan menggunakan dua kartu SIM. Banyak pengguna yang lebih menginginkan yang hemat. Untuk itu segala operator digunakan. Makanya, tidak heran pengguna suka gonta ganti kartu. Kalau untuk saya, saya tidak suka gonta ganti kartu. Mungkin, karena malas bongkar pasang HP.

image source

Terkait hal itu, sekarang saya menggunakan XL dan As. Kalau XL saya sudah berusia lama. Saya menggunakannya saat duduk di bangku SMA kelas 2. Kalu As itu saat baru-baru lulus kuliah. Menggunakan dua kartu itu lantaran tidak enak menghilangkan kartu XL. Soalnya teman-teman sudah pada tahu. Yang As ada yang tahu dan tidak.

Dan, inilah pengalaman saya menggunakan XL dan As. Di sini saya bandingkan supaya kalian bisa jadikan pertimbangan untuk penggantian kartu perdana nanti.

Telepon

Lebih irit itu menggunakan As. Saya lebih berani menelepon menggunakan As. Walau yang ditelepon menggunakan kartu yang berbeda. Lebih irit ketimbang XL. As kalau menelepon sesama As habisnya cuma 1,5ribu. Beda dengan XL. Sesama XL malah 3ribu lebih apalagi kalau menelepon kartu lain, bisa tekor. Malah, pulsa yang baru dibeli akan habis.

Sms

As kembali menang kalau masalah sms. Kalau As sms cuma sekali langsung gratis. Gratis ke semua operator malah. Habisnya kalau tidak salah sekitar 3,5ratus / 7,5ratus. Saya tidak memperhatikan itu. Kalau XL habisnya 1,5ratus/sms. Itu tidak gratis. Gratis kalau sudah menghabiskan sekitar 1,2ribu. Gratis ke semua operator tapi cuma sedikit.

Internet

Kalau internet XL 6ribu per minggu. Itu sekitar 120 MB. Cukup untuk kalangan bawah. Di As malah lebih mahal sedikit, sekitar 7,25ribu. Sekitar 150 MB. As lebih perhatian dengan pemakaian. Sering memperingati tentang berapa kuota yang sudah dipakai. XL juga mengingatkan namun menjelang akhir pemakaian.

Dulu XL benar-benar kasih gratis. Namun, hari ke hari jumlah kuota gratis berkurang hingga akhirnya benar-benar tidak gratis lagi. Padahal, saya sempat respek tentang ini. Makanya saya langsung posting di blog. Tapi sekarang? Nelan ludah dulu. Kalau As, saya belum merasakan gratis darinya. Semoga nanti bisa ada.

Masa aktif

XL kalau beli pulsa memberikan masa aktif satu minggu. Makanya, kalau tidak pernah isi pulsa pasti tidak bisa menelepon kalau pun ada pulsanya. Itu lantaran masa aktif yang cepat berlaku. Kalau sudah seperti ini, XL akan beri pesan supaya cepat isi pulsa. Beda dengan As. Kalau As lebih panjang, sekitar satu bulan. Itu juga penggunaan pulsa yang digunakan akan diakumulasi. Makanya, masa aktif bisa diperpanjang.

Bisa missed call

Dua-duanya bisa missed call walau tidak ada pulsa. Namun sayang, kadang XL suka ambil pulsa kalau sudah diisi. Ini karena hutang saat melakukan panggilan keluar saat tidak ada pulsa. Kalau As tidak seperti itu. Kadang juga heran, kenapa bisa begitu, ya?

Demikian perbandingan yang saya rasakan antara dua kartu perdana ini. XL saya masih gunakan murni karena teman lebih suka nelepon menggunakan XL. Walau bisa dikatakan lebih mahal, XL masih banyak yang suka. Itu lantaran jaringannnya yang luas. Kalau As kadang susah kalau masalah jaringan apalagi di daerah saya masih dikatakan pelosok. Bagaimana dengan kalian?
Reactions

Post a Comment

0 Comments