Ticker

6/recent/ticker-posts

Cara Registrasi dan Input Nilai Raport, US, dan Nilai USBN pada Dapodik

Usahakan menggunakan aplikasi Mozilla Firefox.
Menggunakan aplikasi Google Chrome tidak memunculkan Nilai.
Berlaku untuk KTSP 2016.


Assalamu’alaikum wr wb.
Salam sejahtera sahabat OPS. Semoga kalian dalam keadaan baik saja. Tidak lupa sabar dan ikhlas dalam melaksanakan kerjaan. Amin. Baiklah. Untuk kesempatan ini, saya kembali lagi untuk membagi cara dari aplikasi Dapodik. Sebenarnya, saya tergolong tidak percaya diri kalau membagikan hal semacam ini. Kenapa? Karena saya percaya, kalian lebih paham ketimbang saya. Namun, setelah dipikirkan, akhirnya memutuskan untuk membagikan hal ini. Alasannya sangat simpel yaitu, saya kerap menemukan apa yang saya bagikan beberapa ada yang mencarinya di searching yahoo! Secara otomatis, saya menyimpulkan ada beberapa orang yang membutuhkan. Karena berbagi itu menyenangkan, akhirnya saya pun membagikan hal ini. Semoga kalian mengerti dengan alasan saya.

......

Apa yang saya bagikan? 
       
Ini terkait tentang aplikasi baru dari Dapodik. Versi yang sudah beredar adalah versi 2017b. Jadi, bagi kalian yang belum update versi terbaru silahkan di-update. Caranya? Sangat gampang. Kalian tinggal buka di aplikasi Dapodik kemudian klik Pengaturan lalu Cek Pembahruan Aplikasi. Silahkan mulai di-update.


Kalau kalian tidak mau menggunakan cara mudah ini, kalian boleh men-download aplikasinya di Dapo Dikdas dengan klik di sini. Mulailah cari data unduhan di sana.

Registrasi sampai siap mengisi Nilai Rapor

Di Dapodik versi 2017b ini, ada beberapa perubahan yang dilakukan. Kalian bisa baca saat selesai mempebahruinya. Dan yang paling menonjol perubahannya adalah terkait dengan peng-input-an nilai siswa. Ada beberapa yang diinput yaitu, nila raport, US, dan USBN. Sebelum melakukan hal ini, ada beberapa tehnik yang harus dilakukan yaitu:


  • Download Data Perfill Rapor dengan mengklik di sini. Silahkan masuk dengan menggunakan data Dapodik kalian yang sebenarnya.
  • Setelah itu, data yang sudah di-download masukkan/pindahkan di lokal C. Di mana lokal C sudah ada folder preffil_dapodik.
  • Berikutnya, klik bagian preffil rapor. Akan muncul dialog. Bukan semacam dialog, hanya pengisian yang dilakukan pada umumnya. Setelah diisi silahkan klik Masukan Data. Jika benar, maka akan keluar kata berhasil. Dan secara otomatis, menu tambahan akan terjadi di Dapodik yaitu menu Nilai.

Siapkan mata pelajaran terlebih dahulu

Sebelum penginputan nilai rapor, sediakan dulu mata pelajaran dengan beberapa langkah berikut ini: pertama klik nilai, kedua klik kelas terlebih dahulu dan klik tambahan dekat kelas dengan memilih mata pelajaran (sesuaikan urutan rapor), ketiga setelah mengisi kedua maka untuk kelas berikutnya tinggal salin template mata evaluasi.


Beriuktnya pada bagian pertama, selain ada nilai ada juga nilai untuk US/USBN. Ini biasanya penginputan yang dikhususkan untuk kelas 9. Secara otomatis, mata pelajaran yang sudah disiapkan juga sudah disediakan.

Masukan nilai rapor

Sebelum megisi nilai, sebaiknya kalian buat akun untuk guru per mata pelajaran. Gunanya untuk menginput nilai yang diberikan. Kalau kalian belum paham bagaimana caranya, kalian boleh klik di sini. Tapi kalau mau lihat cara saya, boleh disimak berikut ini.


Dan berikut cara penginputan nilai.

 
Pertama, pindah dulu ke menu GTK. Setelah itu pilih salah satu PTK yang mau dibuat akun untuk membuka Dapodik nanti. Kemudian mengarah ke pojok bagian Penugasan. Silahkan setelah mengklik maka bagian bawah pilih Buat/Ubah Akun PTK. Silahkan mulai diperhatikan. E-mail sudah terisi secara otomatis sesuai penginputan Dapodik. Untuk password boleh diubah. Usahakan email yang benar-benar aktif.

Kedua, silahkan keluar dari akun Dapodik (OPS). Biarkan PTK masuk sesuai dengan akun yang dibuatkan tadi. Setelah itu akan muncul menu bagian GTK dan Nilai. Berikutnya: 1) klik nilai, kira-kira mau isi nilai apa terlebih dahulu, 2) silahkan pilih kelas, maka secara otomatis mata pelajaran PTK yang dibuatkan akun tadi akan muncul, 3) setelah itu klik 2 kali mata pelajaran tersebut maka pengisiian nilai pun siap dimulai.

Ketiga, lakukan ulang dengan PTK yang lain.

......

Sampai di sini ya postingan tentang hal ini. Semoga bermanfaat untuk kalian. Semoga kalian sehat selalu dalam mengerjakan pekerjaan ini. O ya, catatan untuk pembuatan akun PTK sebenarnya untuk masing-masing PTK agar menginputkan nilainya masing-masing. Namun pada umumnya, saking tidak memperhatikan hal itu, mungkin ini OPS yang akan mengerjakan. Jadi, kalian harus tetap semangat ya.

Bila berkenan: supaya tidak bosan, silahkan dengar musik kesukaan kalian ya. Kalau boleh usul, kalian boleh cari musik yang enak versi saya. Baca di sini.
Reactions

Post a Comment

0 Comments