Saturday, 25 February 2017

Hal-hal yang Dilakukan Saat Tidak Menulis Blog

Assalamu’alaikum wr wb. Hai kalian, di mana pun berada. Bagaimana kabar kalian? Semoga selalu baik, ya. Dalam kesempatan ini, aku ingin sedikit berbagi tips tentang sebuah kegiatan. Insya Allah kegiatan ini bermanfaat. Tentu, tidak akan merugikan kalian semua. Semoga seperti itu.

laptop kesayangan

Seperti yang kalian ketahui, saat kita mulai membuat blog, hal utama yang kita perhatikan adalah tema blog itu sendiri. Kira-kira enaknnya bahas apa ya di blog. Jika sudah menentukan tema, pasti kita akan mulai siap untuk mengisinya. Namun, seiring waktu, kadang blog yang sudah dibuat tidak pernah diisi. Kebanyakan, kendala kita adalah bingung mau isi apa. Oleh karena itu, untuk enaknya, sebaiknya kita tidak perlu metemakan blog kita sendiri. Sebaiknya blog itu seperti gado-gado. Jadi, bebas mau isi apa pun. Masalah pribadi, review produk, musik, dan lain-lain bisa kita lakukan. Stok menulis jadi beragam, kan?

Memang enak jika blog kita itu campuran. Tapi kadang, kita juga jarang mengisi blog. Mungkin itu karena mood yang kurang bagus, malas, atau kesibukan lainnya. Nah, karena hal-hal ini membuat blog kita sedikit pengunjung. Sebab, kata pakarnya, semakin banyak yang kita posting semakin banyak pula pengunjung blog. Pengunjung kan bisa melihat macam-macam di blog kita. Jadinya, siapa tahu pengunjung akan semangat untuk membaca. Ya… setidaknya itu menurutku juga. Soalnya, aku suka sekali baca blog orang yang memiliki beragam tulisan.
Baiklah. Supaya tidak terlalu panjang uraian di atas, maka di sini, seperti yang aku katakan, aku akan berbagi tips hal-hal yang harus kita lakukan saat tidak mengisi blog. Entah itu alasan apa pun. Tapi, tips ini akan mampu membangkitkan semangat menulis kalian. Semoga, ya. Hehe.
Edit Postingan
Saat buka blog, kadang kita suka bengong. Mau tulis apa, ya. Lantas, tidak ada yang dilakukan. Makanya, kalau aku, tulis sesuatu dulu baru buka blog. Ini sih kadang-kadang, kebanyakan bengongnya juga. Hehe. Nah, untuk mengurangi hal itu, sebaiknya kita edit postingan. Siapa tahu saat posting ada tulisan typo atau posisi gambar yang tidak enak di lihat. Dengan cara ini, tentu kita akan membaca postingan kita. Jika ada yang tidak enak dibaca, langsung deh edit. Biasanya, ini juga mampu membuat kita gemar membaca. Saking serunya juga, kadang kita tidak percaya kalau itu tulisan kita. Benar, kan?
Edit Tata Letak
Ini juga hampir mirip dengan di atas. Memerhatikan tata letak di blog juga sangat bermanfaat. Itu jelas gunanya untuk memperindah tampilan. Aku kerap melakukannya. Sering malah. Karena keseringan, kadang bingung sendiri. Bahaya juga sih sebenarnya. Tapi dari pada bengong, ayo mana yang lebih bermanfaat? Siapa tahu dari mengatur tata letak blog, ada teman yang mau diubahkan juga.
Ganti Template
Ini sih tergantu kita sendiri. Aku sering banget ganti template. Bahkan bisa dikatakan dalam satu hari itu bisa menggantinya sampai 5 kali. Maklum, selalu merasa tidak puas dengan tampilan blog. Tapi di sini, ada sedikit berbahayanya. Kata yang pakar, terlalu sering ganti template bisa mengurangi pengunjung. Bahaya banget, kan? Seperti yang kita ketahui, setiap blogger pasti menginginkan pengunjung yang banyak. Jadi, ganti template sewajarnya saja.
Download
Ini sih kegiatan enak; enak menunggunya. Bukan enak sih, capek lebih tepatnya. Apalagi buat daerah yang jaringannya ajib… lelet banget. Contoh, di daerahku. Tapi mau apalagi, dari pada bengong. Mana yang lebih asyik? Kalian bisa download apa saja. Gambar-gambar keren, mp3, MV, film, atau drama. Ini juga merupakan stok untuk mengisi blog nanti. Siapa tahu dari kegiatan ini timbul sebuah ide untuk me-review apa yang sudah kita nikmati. Mantap, kan?
Berselancar ke Blog Orang
Aku banget ini. Aku senang sekali bertandang ke blog orang lain, walau tidak meninggalkan komentar. Senang banget melakukan ini. Setidaknya, dari sini aku bisa belajar bagaimana cara membuat artikel serius, review MV, review produk, dan masih banyak lagi. Entah kenapa. Senang banget baca hal-hal begini. Apalagi hal-hal itu menurut versi mereka. Ada sensasi-sensasi begitu.
Coba-coba Foto
Kalau ini sih di luar dari kegiatan saat buka internet sih. Tapi setidaknya ini juga mampu mengasah diri, loh. Ya… semacam pencarian untuk pengisian blog begitu. Kalian boleh foto-foto buku yang ada di rumah kalian. Belajar mengambil enggel yang bagus. Kalau tidak, boleh kalian pergi keluar sekedar cari angin segar. Tentu, jangan lupa bawa kamera. Kalau tidak punya boleh bawa handphoen.
Sekian. Ini hanya menurutku saja. Jadi, jika kalan tidak setuju, boleh-boleh saja. Setiap orang kan memiliki cara tersendiri untuk menikmati hidupnya. Eh. Kayaknya dalam, ya. Haha… jujur saja masih ada cara lain yang ingin kucantumkan. Tapi cukup ini saja, ya. Takutnya kalian tida sereg. Baiklah. See you… tetap selalu jaga diri kalian baik-baik, ya.

Berbagi itu menyenangkan. Jadi, jangan sungkan untuk berkomentar. Beri kritik & saran juga diperbolehkan. Salam kenal, ya... ^_^
EmoticonEmoticon