Ticker

6/recent/ticker-posts

Cara Cepat Mengganti Ukuran Iklan di Blog

Bahagia itu ketika sudah lolos dari Google AdSense atau disingkat GA. Walau sudah lolos, belum tentu juga akan bahagia terus menerus. Sebab, di sinilah letak perjuangannya. Ibaratnya seperti menulis novel. Banyak perjuangan yang dilakukan sebelum akhirnya novel itu terbit. Setelah terbit, nasib akan menghampirinya – laris atau tidak. Karena tidak jauh beda dengan novel, maka GA pun juga demikian. Perlu promosi yang extra dengan menyisipkan ke berapa blog atau pun media social lainnya. Ini jelas tujuannya agar blog dibaca orang dan tidak dipungkiri berharap akan di klik iklannya. 

salah satu iklan di GA

Untuk meningkatkan jumlah klik, banyak cara yang dilakukan blogger sejati. Salah satunya yaitu meletakkan posisi iklan di blog. Karena tidak mau ketinggalan, aku pun mengikuti hal itu. Mulai mencari cara di google. Banyak blog yang menyajikan caranya. Tapi sayang, aku tidak bisa mengikutinya terutama menyisipkan iklan di postingan. Jujur, aku takut karena aku awam, dan bisa jadi semua rusak. Maka aku pun memutuskan untuk tidak melakukan cara yang disampaikan beberapa blog. Sekarang, aku hanya mengandalkan posisi iklan yang sudah di atur di blog, plus penambahan gadget di atas judul postingan. Jadi, iklan di blogku itu posisinya ada di samping kanan, atas, dan bawah.
Walaupun posisi iklan sangat jelas – bisa dilihat dan dibaca, masih banyak pengunjung yang belum tertarik dengan iklannya. Hingga akhirnya, tidak ada yang mau mengkliknya. Jadi, pendapatan di blog sangatlah tidak ada. Tapi sudahlah, biarkan hal itu. Jujur, aku tidak ingin dilema tentang hal ini. Soalnya, rizki itu sudah diatur. Mungkin bukan di sini tempatnya.
Namun, walaupun demikian tidak ada salahnya aku ingin berbagi sebuah cara terkait iklan yang ditampilkan di blog. Karena penambahan iklan di bagian atas, aku sedikit tidak suka dengan ukuran iklannya yang begitu besar. Tidak apa-apa sebenarnya. Tapi aku yang melihatnya tidak suka. Jadilah aku mengubah ukuran iklannya. Pada awalnya, aku ingin mengubah ukuran iklan di beranda GA. Sayang, ke beranda GA leletnya luar biasa. Ini semakin membuat aku sedikit pusing. Akhirnya, aku pun mencari alternatif lain.  Aku pun mencari cara yang lebih mudah di google. Ketemu. Namun sedikit beda dengan hasilnya. Tapi, dari sanalah aku membuat perbedaan itu. Mungkin, blog lain pernah menyajikan caranya. Namun, aku belum sempat baca. Jadi, cukup satu blog yang kubaca dan langsung dipraktikan.
Bagaimana caranya? Ini sedikit yang kulakukan. Sangat sederhana dan begitu mudah.
Pertama, langsung ke Tata Letak, klik. Tunggu berapa detik maka bagian dari tata letak akan muncul. 
Kedua, perhatikan iklan dari AdSense yang sudah diset pada umumnya. Lalu edit. Ini gunanya supaya bisa melihat ukuran iklan yang disajikan GA. Jika mau ganti ukuran GA yang sudah diset umum, silahkan. Tinggal dipilih sesuai keinginan.
iklan yang sudah diset langsung
ukuran iklan yang bisa diganti
Ketiga, mulai cari posisi gadget (HTML/JavaScript) yang ditambahkan untuk iklan, lalu edit. Di bagian yang sudah dilingkari merah, silahkan ganti ukuran yang sesuai diinginkan. Kalau mau cepat, silahkan dicatat terlebih dahulu biar tidak ribet untuk pergi lihat ke bagian lainnya. Silahkan disimpan.
Keempat, silahkan pratinjau hasil editan yang dilakukan. Ini agar supaya kalian jika tidak berkenan dengan hasilnya, boleh diubah lagi.
Gimana? Mudah dan gampang, kan? Semoga cara ini dapat membantu. Mari sama-sama terus berbagi. Siapa tahu ada banyak orang yang membuthkan urain sederhana sebuah blog. Karena kita ketahui, setiap orang berbeda cara menyampaikan sesuatu. Jadi, mungkin dari kalian para pencari info lebih mengerti. Sangat membahagiakan bukan berbagi?
Reactions

Post a Comment

0 Comments