Ticker

6/recent/ticker-posts

Cara Cek Progres Pengiriman PMP

PMP atau Penjamin Mutu Pendidikan adalah salah satu model yang dilakukan oleh pemerintah untuk melihat tingkat mutu pendidikan yang ada di Indonesia. Salah satu caranya yaitu dengan mengeluarkan aplikasi pengisian berupa ratusan pertanyaan dalam rupa angket. Setiap guru, siswa, komite dan pengawas harus menjawab semua angket yang diberikan. Jika sudah, langsung akan diisi oleh operator sekolah (OPS).



Ada dua model yang biasa diterapkan oleh OPS yaitu, guru/siswa dll-nya menjawab secara langsung di aplikasinya, dan atau mencetakkan dokumen angket dan dijawab. Kedua cara ini sebenarnya cukup memusingkan. Bukan masalah sulit atau tidaknya, melainkan sederet pertanyaan yang membuat pusing. Karena sederet pertanyaan, maka tidak bisa dpungkiri banyak guru/siswa, dllnya, menjawab asal-asalan. Padahal, hal ini menentukan bagaimana mutu pendidikan yang ada di Indonesia.

Biarkan. Lupakan. Sekarang yang jadi permaslahannya yaitu, ketika sudah selesai menjawab semua angket di aplikasi, kendalanya adalah.... tereng.... setelah beberapa kali ganti versi PMP, tiba waktunya untuk berpusing ria, yaitu KESULITAN UNTUK MENGIRIM DATA. Ya... huruf kapital tersebut memang sedang melanda para OPS. Bukan karena jaringan lelet atau lainnya, itu karena memang tidak bisa.

Sebenarnya sih, banyak cara yang dilakukan oleh OPS supaya pengiriman bisa lancar. Salah satunya, ya itu, mencari jaringan yang baik. Namun ya itu, kembali tidak bisa. Bahkan, ada yang memakan waktu 5 jam pun, pengiriman selalu gagal. Hingga akhirnya, ada yang mengatakan kalau itu memang permasalahan umum. Dan, walaupun demikian, coba saja cek progres pengiriman. Siapa tahu, walaupun demikian datanya bisa terkirim.

Yuhu... seperti mendapatkan angin surga. Akhirnya, secara pribadi, aku langsung cek hal demikian apa benar atau tidaknya. Dan ternyata, perjuanganku selama 2/3 hari ini sia-sia. Dataku tidak terkirim sama sekali. Baiklah, aku akan berjuang dengan sendiriku nanti.

O ya, bagi kalian yang ingin lihat apa data kalia terkirim atau tidak. Yuk simak caranya di bawah ini....
  • Langsung ke alamat berikut ini: http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id/, silahkan klik. Kalau tida bisa, silahkan copy lalu paste di tab baru.
  • Di bagian atas, dekat Beranda ada Progres Kirim, silahkan klik yang itu.
  • Cari provinsi, kabupaten, kecamatan sekolah. Lanjut, lihat status pengiriman data sekolah. Perhatikan gambar di bawah ini. Lihat, warna apa sekolah kalian. Itu menunjukkan status pengiriman.


Wahaha... kalian jangan sedih ya, masih banyak, kok, OPS yang masih bernasib sama dengan kalian, termasuk aku. Yuk... berjuang bersama-sama. Semoga, dalam beberapa hari akan selesai pekerjaan ini. Lelah... huh, semoga bisa segera teratasi. Fighting!
Reactions

Post a Comment

1 Comments

  1. Wah Mas Don OPS? :D Kayaknya cukup berat ya jika berada di wilayah yang jaringannya masih setengah-setengah mengingat web/aplikasi juga kadang nggak selalu online? Selain itu kendala pengisian dari PTK yang terkesan 'kurang niat' jadi beban sendiri buat OPS.

    ReplyDelete

Berbagi itu menyenangkan. Jadi, jangan sungkan untuk berkomentar. Beri kritik & saran juga diperbolehkan. Salam kenal, ya... ^_^