Ticker

6/recent/ticker-posts

Cara Menarik Peserta Didik Secara Online [DAPODIK]

Data pokok peserta didik dibutuhkan oleh operator sekolah, yang akan diinput di sekolah masing-masing. Sebelumnya, penginputan dilakukan dengan cara manual. Namun sekarang, harus ditarik secara online. Ini berlaku untuk tingkat SMP dan SMA. Untuk itu, sebelum menarik peserta didik secara online, operator sekolah harus menyiapkan data peserta didik baru yang daftar di sekolah masing-masing. Data yang lengkap di sini diutamakan adalah nomor NISN peserta didik. Kenapa? Karena dengan NISN lebih mempermudah dalam pencarian. Dalam kolom pencarian memang ada nama peserta didik dan nama ibu, namun kadang data yang dilampirkan saat mendaftar bisa berbeda. Untuk itulah dibutuhkan NISN.

Jika sudah lengkap data yang dibutuhkan, maka mulailah untuk bekerja. Dan, inilah berapa cara atau langkah-langkah dalam menarik peserta didik

Pertama, mulailah buka link dapodik, klik di sini.

Kedua, mulailah klik login yang ada di pojok atas sebelah kanan. Lihat gambar, pilih operator sekolah.

Ketiga, mulailah masuk dengan user dan pasword sesuai di dapodik. Kemudian, masukkan kode registerasi sekolah masing-masing. Setelah semua terisi, mulailah klik arah panah yang bentuk bundar merah di samping.

Keempat, akan muncul beranda akun sekolah masing-masing. Di sana akan tertera identitas sekolah masing-masing. Setelah itu, di sebelah kiri ada beberapa list pilihan. Pilih Tarik Peserta Didik.

Kelima, muncul pilihan sekolah asal. Mulailah pilih jenis siswa baru/pindahan, provinsi, kab/kota, kecamatan dan terakhir sekolah asal peserta didik baru.

Keenam, dibagian bawah, mulailah isi NISN peserta didik, nama dan nama ibu. Biar lebih cepat, isikan NISN saja.

Ketujuh, maka nama anak akan muncul. Setelah itu, cek benar apa nama peserta didik benar atau tidak. Namun biasanya, kadang ada perbedaan nama peserta didik. Selama NISNnya sama, itu tidak apa-apa. Nanti bisa diedit di vervalpd. Kemudian klik pilih yang ada tombol bulat warna biru.

Kedelapan, dibagian bawah, setelah dipilih maka akan muncul konfirmasi proses mutasi. Klik bagian tersebut untuk mengkonfirmasi.

Kesembilan, mulailah buka dapodik. Dan, jangan lupa untuk sinkron. Secara otomatis data peserta didik baru yang ditarik akan ada di dapodik.

Sepuluh, mulailah buat rombel kelas, dan mata pelajaran.

Selamat bekerja. Semoga cara sederhana ini dapat membantu. Ingat DL-nya sampai tanggal 31 Agustus 2016. Salam satu data.
Reactions

Post a Comment

0 Comments