Ticker

6/recent/ticker-posts

7 Kartun yang Layak Ditonton Anak-anak

Tidak dipungkiri, menonton adalah aktivitas paling banyak dilakukan oleh orang-orang, termasuk anak-anak. Dalam sehari, anak-anak biasanya menonton hampir 10 jam. Jika salah, coba diamati bagaimana pola menonton anak-anak kita. Untuk anak yang tidak sekolah, biasanya menonton dari pagi sampai siang. Istirahat sebentar, lalu dilanjutkan di sore dan malam hari. Menyedihkan bukan? Sebagai orangtua, layak kita khawatir akan kondisi hal demikian. Apalagi, semakin ke sini, dunia pertelevisian disuguhkan dengan acara-acara yang kadang tidak layak untuk ditonton anak-anak. Oleh karena itu, sebagai orangtua, sebaiknya kita mengawasi, menemani, bahkan mengontrol aktivitas menonton anak-anak kita.

[ image source ]

Karena semakin banyaknya acara-acara yang tidak layak ditonton, maka bertambah pula tugas orangtua dalam membimbing anak-anak. Untuk itu, pada kesempatan ini, akan disampaikan 7 kartun yang layak ditonton anak-anak. Dalam artikel ini, bukan berarti menganjurkan anak-anak menonton. Tapi secara garis besar, kartun ini masih aman untuk anak-anak.


1. Upin dan Ipin
Kartun yang berasal dari negara Malaysia  ini memang sudah beberapa tahun disiarkan langsung di televisi nasional. Bahkan, ratingnya tetap bagus. Ini karena tidak bisa dipungkiri dari segi cerita sangatlah bagus. Bukan hanya dari segi cerita, bayak pembelajaran yang disuguhkan dalam kartun ini. Secara garis besar, banyak kebaikan yang dihidangkan dalam kartun ini.

2. Pada Zaman Dahulu
Kisah berupa hewan-hewan yang diceritakan ulang oleh seorang kakek kepada cucu-cucunya ini memang sangat seru untuk ditonton. Apalagi, dalam setiap cerita, sebab akibat dari perbuatan mendapatkan balasan yang setimpal. Jadi, selain ceritanya seru, banyak pembelajaran dan hikmah yang dipetik.

3. Syamil dan Dodo
Belajar agama usia dini sangatlah baik. Apalagi di usia belia, daya serap anak sangatlah cepat tanggap. Kartun yang ini memang banyak disuguhkan kisah islaminya. Selain islaminya, sebab akibat sebuah perbuatan juga diperlihatkan.

4. Robocar Poli
Kartun dari Korea Selatan ini memang sedikit khayal. Sebuah tim penyelamat yang bisa berubah menjadi robot saat ada seseorang yang minta tolong. Dalam kartu ini, lebih difokuskan pada kehidupan transportasi. Jadi, banyak hal-hal terkait transportasi disajikan dalam kartun ini. Bahkan, dalam epesode khusus, kartun ini menyajikan tema tentang berlalu lintas yang baik. Garis besarnya, selain anak menikmati ceritanya, anak-anak juga bisa belajar mengenai peraturan-peraturan berlalu lintas.

5. Pororo – Littel Pinguin
Dalam kartun ini, komflik yang disuguhkan sangatlah sederhana. Arti sebuah persahabatan juga ditampilkan dalam kartun ini. Walaupun animasi berupa fabel pula, tapi sangatlah menghibur untuk anak-anak tonton.

6. Keluarga Pak Somad
Dalam kartun ini memang dikisahkan tentang sebuah keluarga. Komfliknya pun seputar keluarga. Namun, ada bagian di mana toko anak-anak juga disuguhkan. Jelas, sebab akibat dalam perbuatan dalam kartun ini juga diperlihatkan. Selain ceritanya seru, kartun ini juga menyuguhkan komedi yang segar.

7. Diva the Series
Kartun ini memang memiliki beberapa seri. Seperti mengenal huruf, belajar mengeja, bahkan diajarkan mengenal huruf hijaiyah. Kartun ini memang cocok untuk anak-anak. Orangtua juga tidak akan segan memberikan tontonan pada anak, karena dasarnya kartun ini digunakan sebagai bahan ajar untuk anak.

Demikian 7 kartun yang layak ditonton anak-anak. Dalam selesainya artikel ini, orangtua juga harus memperhatikan sebuah adegan dalam kartun ini. Karena, ada bagian yang memang tidak layak ditiru oleh anak-anak. Intinya, sebagai orangtua, selain menemani anak menonton, alangkah baiknya orangtua menjelaskan pula agar pemahaman mereka tidak salah.
____________________
*Artikel ini diambil di blogku sebelah, kampung media khusus orang NTB. Dalam postingan ini ada beberapa perubahan. Bagi yang berminat ke blogku di sana, klik di sini.
Reactions

Post a Comment

1 Comments

Berbagi itu menyenangkan. Jadi, jangan sungkan untuk berkomentar. Beri kritik & saran juga diperbolehkan. Salam kenal, ya... ^_^