Ticker

6/recent/ticker-posts

Cara Menentukkan Rangking di Microsoft Excel

Ada banyak guru yang masih mengisi daftar nilai siswa di buku nilai. Hal itu memang lumrah dilakukan. Karena kebanyakan memang guru melakukan itu, apalagi sebelum semster berlangsung. Padahal, ada cara mudah dan praktis jika menginginkan itu. Yaitu, dengan memanfaatkan Microsoft Excel yang jelas berfungsi untuk perhitungan.

Guru mata pelajar memang tidak salah masih mengisi nilai di buku nilai. Tapi, seharusnya bisa menggunakan Microsoft Excel, karena nanti beberpa nilai latihan, tugas/PR, ulangan harian, mid semester bahkan nilai semster akan dikeola. Begitu juga dengan wali kelas, harus menghitung nilai siswa dari jumah, rata-rata, nilai tertinggi, hingga nilai terendah. Bahkan, wali kelas akan menentukan siap yang akan menjadi juara kelas nanti. Nah, karena permasalahan demikian, sewajarnya guru, atau wali kelas memanfaatkan Microsoft Excel, guna mempermudah pekerjaan dalam menghitung nilai siswa.

Dengan permasalah tersebut, maka, pada kesempatan kali ini, saya akan menguraikan tentang cara menentukkan rangking dari nilai yang sudah dikumpulkan melalui Microsoft Excel. Uraian ini dikhususkan untuk wali kelas. Ini caranya....

Pertama, buat kolom nama siswa, mata pelajaran serta nilai, dan hitung jumlah nilai dan rata-rata nilai siswa.


Kedua, blog semua kolom dari nomor 1 (nama siswa) sampai nomor akhir absen siswa.

Ketiga, klik tab Data di Microsoft Excel >> Sort.


Keempat, saat klik Sort akan muncul pilihan kolom, dan pilih kolom dimana letak jumlah nilai siswa >> klik Largest to Smallest agar nilai bisa berurutan dari yang tertinggi ke yang rendah.


Kelima, maka kita sudah bisa menentukkan siapa yang jadi ranking satu dan seterusnya dari jumlah siswa.


Selamat mencoba. Jika kurang jelas, boleh ditanyakan. Karena sebagai guru kita harus bisa, apalagi jadi wali murid biar tidak ditagih mulu mana soft copy nilai siswa. Ini juga nanti digunakan untuk penginputan nilai siswa ketika sudah kelas akhir.
Reactions

Post a Comment

0 Comments