Ticker

6/recent/ticker-posts

Cara Kirim Cerpen Anak ke Majalah Ummi

Cernak atau cerpen anak memang selalu diminati oleh penulis, terutama oleh penulis yang memang rajin, atau sering buat cerpen anak. Cerpen anak memang gampang-gampang susah dibuatnya. Bagi yang suka menulis cerita anak, pasti senang sekali karena akan lancar menulis. Selain itu, cerpen anak berpotensi baik untuk berbuat baik. Kenapa? Karena dari cerita anak seorang penulis akan meyuguhkan ajaran atau hikmah yang baik di sana, supaya pembaca khususnya anak bisa mencontoh hal demikian. Seru bukan menulis cerita anak?

Nah, bagi yang berminat menulis cerita anak, perlu diketahui hal-hal berikut ini:

Pertama, usahakan ceritanya ringan tapi sangat berkesan untuk pembaca.

Kedua, selalu sisipkan kebaikan atau hikmah dalam cerita. O ya, sebab akibat dalam cerita juga harus diperlihatkan guna sebagai bahan pembelajaran untuk pembaca.

Ketiga, selera pembaca memang beragam. Jadi, sering-seringlah lihat tulisan teman yang muncul di media. Caranya? Beli majalahnya, atau pantangin terus blog teman tersebut. Googling juga bisa, karena banyak teman yang nge-post cerita anaknya jika dimuat.

Keempat, siaplah menulis, lalu kirim. Untuk mengirim ke Majalah Ummi, silahkan kirim ke: kru_ummi@yahoo.com, dengan subjek Cerpen Anak. O ya, jangan lupa tulis biodata yang lengkap agar mudah dihubungi, no rekening juga (siapa tahu langsu ACC, amin).

Kelima, tunggu hasilnya. Biasanya masa tunggunya sekitar 3 bulan. Namun, sesuai pengalaman saya, yang sudah berapa kali kirim tapi ditolak (hiks...), 2 bulan saja sudah ada kabarnya. 3 bulan itu maksimal. Tapi, kadang tidak ada kabarnya (jarang). Kalau sudah demikian, berarti ditolak. Soalnya kalau di ACC, dapat kabar dan ditelpon (cerita teman). Saya jadi mau....^_^

Keenam, mulailah menulis yang baru. Atau, berdo’alah agar bisa diterima.

Sekian dari saya. Semoga bisa bermanfaat. Menulis itu mengasyikan, loh. Tapi, tentu butuh proses yang lama. Tidak mungkin tulisan kita langsung bagus, kalau belum melalui proses. Maksudnya, ditolak dulu oleh media (hehe...).
Reactions

Post a Comment

1 Comments

Berbagi itu menyenangkan. Jadi, jangan sungkan untuk berkomentar. Beri kritik & saran juga diperbolehkan. Salam kenal, ya... ^_^