Ticker

6/recent/ticker-posts

Pesona Air Terjun Tiu Kelep Bayan Lombok Utara

Lombok memang menyimpan pesona yang luar biasa. Jadi, tidak heran banyak para wisatawan yang memilih Lombok sebagai tempat favoritnya. Wajar memang jika demikian, karena di Lombok banyak panorama yang mempesona. Pantai yang indah, gili-gili yang menawan, kuliner yang enak-enak, dan masih banyak daya tarik di Lombok. Bagi para wisatawan yang belum pernah ke Lombok, mulai dari sekarang, mulailah untuk menabung dan tentunya harus ke Lombok.


Dari semua pesona yang disebut, ada sebuah lokasi yang mungkin para wisatawan belum pernah mampir ke lokasi ini. Lokasi ini berupa objek wisata air terjun. Namanya air terjun Tiu Kelep. Namanya identik dengan nama bahasa daerah. Kalau di Lombok (bahasa Sasak), Tiu itu artinya di tiup, sedangkan kelep itu terbang. Jadi, air terjun ini seperti ada sesuatu yang meniupnya dan menyebabkannya terbang. Unik, kan?


Mengenai lokasi atau tempatnya, air terjun Tiu Kelep ini berada di desa Senaru kecamatan Bayan, kabupaten Lombok Utara (KLU), provinsi NTB. Sebenarnya air terjun Tiu Kelep ini berdekatan dengan air terjun Sendang Gila. Untuk menuju ke sana, ada 2 alternatif jalan ke sana. Pertama, bila para wisatawan turun dari Mataram, maka tinggal menuju ke arah Lombok Utara. Kedua, bila lurus berarti harus menempuh ke Lombok Tengah dan Lombok Timur, otomatis semakin bertambah perjalanan. Tapi jika para wisatawan berkenan, maka itu tidak mengapa karena di Lombok Timur, ada banyak pesona pula. Secara garis besar tidak rugi.

[dari jauh]

Untuk menuju ke air terjunnya sendiri, para wisatawan harus melewati jalan sedikit tanjakan, lalu melewati sungai. Kalau dari gerbang sampai ke air terjun sekitar kurang lebih 45 menit. Jadi, untuk ke sana perlu tenaga yang cukup. Nah, untuk para wisatawan yang akan berkunjung, sebaiknya istirahat sebentar supaya tenaganya pulih kembali. Atau, bisa digunakan untuk berfoto-foto sambil menuju ke sana.

[dari dekat]

Biaya untuk bisa menikmati air terjun Tiu Kelep hanya Rp. 5.000/orang. Ini berlaku di hari ramai seperti hari lebaran. Kalau di hari-hari biasa, biaya masuk bisa berkurang. Seperti objek wisata lainnya, biaya juga tergantung dari tingkatan; anak-anak, orang dewasa, atau orangtua.

Bagi para wistawan yang ingin ke Lombok, objek wisata air terjun Tiu Kelep tidak akan menyesal, dan direkomend.
Reactions

Post a Comment

0 Comments