Saturday, 31 March 2018

Ketika XL Bikin (titik titik)

Penutup bulan Maret, akhirnya bisa nulis lagi di blog ini. Beberapa minggu pakum membuat saya sedikit tidak tenang, sebab, niat awal ngeblog terlihat mulai berubah. Namun, sepertinya saya akan merasa bertambah salah jika saya terus membiarkan blog pribadi ini menganggur terlalu lama. Maka dari itu, untuk kali ini saya akan berbagi cerita. Cerita apa? Ini sedikit tentang layanan atau paket yang ada kartu jaringan XL.

kuota youtube yang tidak bisa terpakai

Bermula saat saya mulai pindah ke kartu XL. Semula saya memakai kartun As. Namun, karena tututan kerja akhirnya saya mengganti kartun tersebut. Kartu As belum memiliki jaringan yang cukup kencang di daerah saya. Jadi, jika menikmati internet sedikit terhambat. Maka dari itu, pergantian kartun pun saya lakukan. Saat mulai mnggunakan kartun XL, saya harus mulai registrasi menggunakan NIK dan No. KK. Akhirnya, itu sukses dan saya pun bisa menikmati internet dengan lancar walau kadang signalnya kadang hilang.

Bermula karena menikmati kartun XL untuk internet dengan sangat lancar, akhirnya saya mulai memantapkan diri untuk tetap menggunakan kartu XL. Dan berikut berapa paket internet yang saya gunakan di kartun XL.

loading terus....

Internet XTRA Combo Lite

Ini seharga 99ribu. Dengan fasilitas 12GB di jaringan 3G/4G, 12 GB di jaringan 4G, dan 1GB untuk kuota internet. Dengan fasilitas semacam ini, saya cukup bahagia. Sebab, saya mengandalkan kuota di jaringan 4G. Kenapa demikian? Jadi saya bisa download film, drama, atau pun lainnya. Namun walau demikian, saya tidak bisa menggunakannya dengan bebas. Sebab, daerah saya belum memiliki jaringan 4G. Jadi, kuota di jaringan 4G hanya bisa dipakai bila saya keluar dari daerah saya. Cukup lega bagi saya, setidaknya saat saya ke daerah yang ada jaringan 4G-nya saya bisa menggunakannya. Bisa menghemat biaya, kan?

Internet XTRA Combo Baru

Saya menggunakan harga 89ribu. Semoga saya tidak salah. Saya lagi malas cek. Mumpung lancar nulisnya. Harga ini dilengkapi dengan fasilitas 10GB di jaringan 3G/4G, dan 10GB khusus untuk kuota youtube. Dengan adanya hal ini, saya sedikit protes dengan XL, sebab saya jarang buka youtube dan lebih senang dengan kuota internet biasa. Kehilangan 2GB sedikit membuat saya lemah. Bahkan, saya bertanya, kuota jaringan 4G saya kemana? Kata XL, masih tetap ada. Saya cek dan ada. Cukup lega.

Permasalahan-nya

Hmm... tidak enak sebenarnya menulis ini. Namun karena saya ingin berbagi cerita, akhirnya bisa menuliskan ini. Saya bersyukur setidaknya kartu XL bisa lancar jaringan internetnya. Jadi, setidaknya kerjaan saya tidak terhambat. Namun... di balik itu semua, saya sempat kesal dengan XL karena berapa hal;
  • Pertama, kuota jaringan 4G saya yang sudah saya kumpulkan sekitar 90GB lenyap ketika sudah habis masa pakaianya? Dengan adanya ketentuan ini membuat saya merasa rugi. Rugi betul. Sebab, saya sudah beli. Namun, hilang begitu saja. Mengerikan, bukan?
  • Kedua, kuota youtube saya sekitar 8GB tidak bisa terpakai saat kuota internet biasa habis. Padahal, saya berpikir setidaknya jika kuota internet biasa habis, saya memiliki cadangan kuota untuk mengisi hari-hari – menonton youtube. Nyatanya? Tidak bisa dipakai sama sekali. Saya pernah protes, namun jawabannya XL, saya akan disettingkan untuk bisa dipakai walau kuota internet biasa habis. Nyatanya? Hmm... saya menolak sebab saya sudh beli lagi. Berikutnya, setelah saya beli yang baru, kuota youtube 8GB itu hilang. Dan diganti dengan jumlah yang saya beli. Padahal, saya berharap ini akan diakumulasi. Nyatanya? Ini tidak. Kata XL, memang itu sudah ditentukan. Hmm... ketentuan yang merugikan bukan? Setelah itu, ketika kuota internet biasa sudah habis, saya tersisa 3GB kuota youtube. Dan apa yang terjadi? Youtube tidak bisa dibuka. Heran, seharusnya bisa, ya? Tapi ini... entahlah, sepertinya XL membuat saya rugi banyak.

Jadi, yang saya tanyakan, berapa kuota saya yang hilang dan terlihat sia-sia dikemanakan, ya? Seharusnya, jika ada banyak sisa sedemikian rupa, seharusnya tetap diakmulasi. Benar-benar saya merasa dirugikan. Tapi... biarkan saja, biarkan XL melakukan hal itu. Sebagai pelanggan, saya berharap XL berbenah diri. Saya juga lagi menunggu kartu lain yang memang benar-benar jujur sesuai iklan. Walau demikian, saya masih setia denga XL karena jaringannya yang masih stabil.

Hmm... sepertinya cukup dulu. Semoga tidak ada yang tersinggung atau apa pun itu. Ini semata cerita saya saja, sesuai dengan apa yang terjadi dan saya rasakan. Sekali lagi, saya berharap XL berbenah diri dan lebih baik lagi agar pelanggan tidak pada kabur.

2 komentar

mantaf info tentang xlnya gan jadi mau pake xl lagi

ayo segera diganti. siapa tahu lebih asyik. hehe.

Berbagi itu menyenangkan. Jadi, jangan sungkan untuk berkomentar. Beri kritik & saran juga diperbolehkan. Salam kenal, ya... ^_^
EmoticonEmoticon