Ticker

6/recent/ticker-posts

Solusi Menikmati Channel SBSin


Bulan kemarin saya berbagi tentang channel SBSin di Palapa C2. Namun, seiring banyak yang berminat, ternyata SBSin tiba-tiba hilang. Jujur, saya tidak tahu tentang hilangnya SBSin. Justeru saya tahu ketika tulisan saya tentang SBSin banyak yang melihat dan beberapa komentar. Saat itulah, saya sedikit merasa bersalah dengan teman-teman yang sempat berkunjung di blog. Alasannya sederhana, tulisan saya itu tidak memberi solusi apa pun. Sekali lagi, kepada teman-teman saya minta maaf.


Baiklah, untuk kali ini saya kembali lagi untuk berbagi tentang SBSin. Walaupun tidak sebanyak sebelumnya yang mencari SBSin, tapi masih ada saja teman yang mencari. Untuk itu, saya kembali mengulasnya. Semoga kali ini bisa membantu.

Pengetahuan dasar saya

Pada dasarnya, untuk meningkmati SBSin atau channel lainnya, itu diutamakan adalah mereka atau level dari digital server yang dipakai. Masalah penangkapan satelit juga tergantung dari digital servernya. Sebelumnya, saya menggunakan digital server Matrix dengan tipe Manggo. Di sini, satelit yang tertangkap adalah Palapa C2 dan Telkom. Pada saat penayangan pertama, di Palapa C2 SBSin mengudara, namun tiba-tiba hilang. Jadi, saya tidak bisa menikmatinya. Di Palapa C2 atau Telkom menggunakan mpeg2 (tidak tahu bahasanya) juga.

Nah, karena SBSin pindah di Palapa D, otomatis tidak bisa tayang di Palapa C2. Terkait dengan mpeg2-nya juga tidak bisa dilacak di Palapa C2. Jadi, bisa dikatakan kalau SBSin pindah di Palapa D dengan mpeg2/mpeg4. Untuk bisa menikmati berarti teman-teman harus ganti digital server karena digital server yang saya pakai di atas tidak bisa menangkap Palapa D.

Semoga saya tidak salah. Hehe.

Cerita singkat

Karena sudah tidak bisa menikmati SBSin, saya biarkan saja. Toh, acara yang disuguhkan juga acara-acara tahun sebelumnya yang disiarkan ulang. Jadi, tidak masalah menurut saya. Sela berapa minggu, tiba-tiba digital server saya bisa menangkap Palapa D dengan ada angkanya serta Telkom 1. Namun, SBSin tetap tidak bisa dinikmati. Berikutnya, digital server saya rusak. Berapa hari tidak bisa nonton TV. Keponakan-keponakan di rumah pada resah karena tidak bisa nonton.

Ganti digital server

Akhirnya, setelah berapa hari tidak bisa nonton, dan sedikit berunding dengan saudara, saya beli digital server baru. Awalnya, saya buta terkait dengan digital server. Namun, saat beli di bagian elektro mini seperti macam cell tapi jual macam-macam, saya sedikit dapat pencerahan. Digital server itu memang memiliki berapa tingkatan. Contoh pada Matrix, itu ada beberapa tipe. Jadi, tipe bawah semisal digital server Matrix Manggo itu tidak bisa menayangkan channel dengan kualitas mpeg4. Maka dari itu, SBSin tidak bisa dinikmati.

Saat itulah, saya minta solusi digital server mana yang baik? Namanya pedagang, pasti tahu cara menggaet pembeli. Saya salut dengan pedagang ini, kelihatan jujur dan tidak pelit dengan ilmu. Saya sempat dijelaskan sedikit terkait TV. Tapi dasar otak saya tidak terjangkau, hanya sedikit yang saya pahami. Nah, agar bisa menikmati cahnnel SBSin, pedagang menyarankan saya beli Matrix Burger S2 dengan kapasitas HD. Pedagang juga berbagi cara bagaimana mencari channel menggunakan digital server ini. Simpel sekali kelihatannya. Pedagang juga menjelaskan kelebihan dari digital server ini.



  • Lebih banyak cahnnel yang bisa ditayangkan.
  •  Mpeg4 dan kualitas gambar bisa menangkap HD.
  • Bisa digunakan untuk flasdhisk. Jadi, kita tidak perlu beli CD/DVD.
  • Bisa pakai internetan dengan menggunakan modem.

Beberapa point yang dijelaskan itu membuat saya tertarik. Akhirnya saya beli. Harganya cukup terjangkau. Sekitar Rp.300ribu. Ini bisa dinego. Akhrinya saya dapat harga Rp.275ribu. Cukup lega dengan harga ini. Setidaknya sama dengan gaji sebulan saya. Sedih sih, tidak bisa beli baju lebaran. Hehe. Tapi tidak apa-apa, demi keluarga yang ingin nonton bersama-sama. Sepertinya itu lebih menghangatkan ketimbang uang.

Sekarang, saya bisa menikmati SBSin. Beberapa program di sana cukup menghibur. Apalagi tadi malam (11/06) saya menikmati music show di mana girl group yang baru debut. Mulai dari Wonder Girl, Kara, hingga Red Velvet. Pokoknya, cukup menghibur.

======================

Bagi teman-teman yang ingin menikmati cahnnel SBSin, yuk, ganti digital servernya. Mungkin, digital server yang teman-teman pakai tidak bisa menangkap channel ini. Itu lantaran digital server beda tipe/memang tidak bisa menangkapnya.
Baiklah, cukup, ya. Semoga teman-tema terbantu.
Reactions

Post a Comment

0 Comments