Ticker

6/recent/ticker-posts

Cara Agar Terhindar dari Kemiskinan

"Sesungguhnya, amalan yang pertama kali akan diperhitungkan dari manusia pada hari kiamat dari amalan-amalan mereka adalah shalat."

Kemiskinan sangat tidak diharapkan kehadirannya oleh siapa pun. Keberadaannya dianggap sebagai suatu penyakit, musibah, bahkan aib. Tidak heran jika banyak orang berlomba-lomba agar bisa hidup bergelimangan harta, terbebas dari kemiskinan. Di antara mereka, ada yang menghalalkan segala cara untuk kaya, tapi ada juga yang menempuh jalan lurus untuk mendapatkannya (back cover).


Identitas Buku
Judul: Ibadah-ibadah Harian agar Terhindar dari Kemiskinan
Penulis: Atiqah Hamid
Penerbit: DIVA Press
Terbit: 2013
ISBN: 978-602-7968-28-8
Editor: AH. Zain Malik
Tata Sampul: Wulan
Tata Isi: Endang
Pracetak: Antini, Dwi, Wardi

Keterangan di atas memang selalu menyertai setiap orang. Maka, dengan keberadaan hal demikian, secara pribadilah yang menentukkan jalan mana yang diambil. Lurus atau tidak. Semua pilihan tergantung dari diri sendiri. Namun, sebagai orang yang beriman, sebaiknya berusaha untuk lebih baik, yaitu memilih cara yang lurus. Dalam buku Ibadah-ibadah Harian agar Terhindar dari Kemiskinan menjelaskan jalan lurus itu.

Beberapa jalan lurus yang diuraikan dalam buku ini, yaitu tepatnya berada di bab 2 (halaman 29). Bisa dilihat sebagai berikut.


Amalan Shalat Sunnah

Shalat sunnah merupakan shalat yang mengiringi shalat fardhu. Sahalat sunnah sangat dianjurkan bagi kita semua. Selain mendapat pahala, shalat sunnah juga bisa menyempurnakan kekurangan ibadah kita (halaman 30). Berikut beberapa amalan shalat sunnah: shalat rawatib, shalat dhuha, shalat hajat, dan shalat tahajjud.

Amalan Puasa Sunnah

Allah Swt. sangat menyukai hamba-Nya yang senang melaksanakan ibadah apa pun, baik ibadah yang memang sudah diwajibkan oleh Allah Swt. maupun ibadah sunnah untuk mendukung ibadah wajib. Dengan melaksanakan ibadah sunnah, pahala akan selalu melimpah kepada pelakunya (halaman 51). Berikut beberapa amalan puasa sunnah: puasa Senin-Kamis, puasa Daud, puasa tiga hari setiap bulan, puasa syawal, puasa ‘asyura, dan puasa ‘arafah.

Amalan-amalan Lainnya

Amalan-amalan lainnya (halaman 68) baik berupa membaca dan mempelajari Al-qur’an, membaca surat al-faatihah, membaca surat al-ikhlas, membaca surat al-khafi, membaca istighfar, membaca kalimat tahmid, tahlil, dan amalan berupa sedekah.

Beberapa amalan di atas sudah dijelaskan jelas dalam buku ini. Sebelum Anda membacanya secara rinci, sebaiknya terlebih dahulu membaca bab sebelumnya, karena buku ini terdiri dari 5 bab. Di mana bab 1 membahas tentang Kemiskinan dalam Perspektif Islam, bab 2 Amalan-amalan agar Terhindar dari Kemisikinan, bab 3 Penghambat Datangnya Rezeki, bab 4 Agar Semua Amalan Diterima oleh Allah swt, dan terakhir bab 5 Doa-doa agar Terhindar dari Kemiskinan.

Pembahasan dalam buku ini sangat ringan dan mudah dipahami. Selain itu, buku ini dilengkapi dengan beberapa hadits dan terjemahan Al-Qur’an. Buku ini direkomend. Layak untuk dimiliki.
Reactions

Post a Comment

2 Comments

  1. bagian penutup ada yang typo..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah diperbaiki mas. terima kasih sudah berkunjung. ^^

      Delete

Berbagi itu menyenangkan. Jadi, jangan sungkan untuk berkomentar. Beri kritik & saran juga diperbolehkan. Salam kenal, ya... ^_^