Friday, 24 February 2017

Tips Menekan Biaya Kuliah Sehari-hari

Kangen. Mungkin ini gambaranku saat ini. Tepatnya kangen suasana kuliah, apalagi bersama teman-teman. Salah satu rutinitas yang sering aku dan teman-teman lakukan saat kuliah adalah nongkrong. Karena kami termasuk muslim sejati. Yaelah… ini semata pencitraan, ya. Hehe. Kami biasanya nongkrong di mushola. Hanya sebentar sih. Setelah sholat, kami akan kembali menunggu santai di taman kampus. Cerita-cerita dan foto-foto. Biasanya itu yang kami lakukan. Untuk kelasku, perbedaan cewek dan cowok tidak ada. Kami berkumpul dengan cerita-cerita renyah ala anak alay. Eh, bukan alay. Ya… ala-ala anak desa begitu. Maklum, kebanyakan kami dari desa. 

teman-teman kuliah. aku jadi tukang fotonya

Gimana nggak bikin kangen, kan? Tapi sayang, kini kami sudah tidak pernah bertemu lagi. Lantaran kami sudah memiliki urusan pribadi masing-masing. Hanya sesekali kami bertemu. Dan sedihnya, ada sahabat kami yang sudah meninggal dunia. Banyak kenangan yang sudah kami lakukan. Terutama untukku pribadi, banyak kenangan yang tidak bisa aku lupakan begitu saja. Banyak kebaikan yang tetap aku ingat darinya. Semoga dia selalu mendapat kemudahan di sana. Amin.
Baiklah. Kenangan masa kuliah ditunda dulu alias dilupakan dulu. Sebagaimana pun, masa kuliah adalah masa di mana aku bisa berani tampil apa adanya. Beda dengan masa SMA yang menurutku tidak ada seru-serunya. Tapi ya sudahlah, itulah namanya proses. Harus tetap aku kenang selalu. Di sini, saatnya aku akan membagi titik point sesuai judul yang aku post kali ini. Seperti yang diketahui, masa kuliah memang memiliki beragam aktivitas terutama terkait dengan tugas. Tugas banyak dan kebutuhan pun semakin banyak. Masalah itu, tidak ada yang bisa memungkiri.
Jika sudah demikian, tentunya sebagai anak kuliahan terutama anak kosan, mengeluarkan biaya sangatlah diperhatikan betul. Ini tentu untuk menjaga-jaga apakah biaya dari orangtua cepat ditransfer atau tidak. Kebanyakan biasanya telat, terutama yang dari desa. Untuk itu, supaya tidak mengalami hal demikian, sebagai anak kuliahan tentunya harus mengatasinya. Nah, di sinilah aku ingin berbagi pada kalian, bagaimana caranya menekan dana alias biaya kuliah dalam sehari-hari. Walaupun sebenarnya cara ini tidak begitu berefek besar, tapi setidaknya mampu mengurangi pengeluaran.
Bagaimana caranya? Baiklah. Ini cara sederhana menurutku.
Jual Pulsa
Jual pulsa memang salah satu cara sederhana. Namun, bisa berefek untuk menekan biaya pengeluaran saat kuliah. Setidaknya dengan jual pulsa, uang tidak seberapa yang kita miliki bisa berputar. Bahkan, walau dapat keuntungan sedikit setidaknya modal kita sudah kembali. Bukan hanya itu, kita juga dapat pulsa secara gratis. Di mana yang diketahui bahwa pulsa adalah nyawa dari HP. Pasti semua teman-teman membutuhkannya.
Ketua Kelompok
Menjadi ketua kelompok juga lebih menguntungkan. Sebagaimana kita ketahui, beberapa dari teman-teman ada yang malas untuk mengerjakan tugas. Mereka akan melepas tugas dengan begitu santainya. Tapi di sinilah kita bisa menghendel semuanya. Selain dapat gratis untuk biaya tugas, kita juga akan mendapatkan keuntungan. Walaupun tidak banyak. Setidaknya, untuk beli nasi bungkus untuk satu hari pun bisa.
Jadi Tukang Foto-copy
Di sini bukan maksdunya bekerja sebagai tukang foto copy di rental. Maksudnya adalah tukang foto copy untuk teman-teman. Biasanya, dosen akan memberikan kita beberapa materi yang harus di foto copy. Saat inilah waktu yang tepat untuk bisa mendapatkan foto copy gratis, bahkan akan mendapat keuntungan juga. Banyak teman yang memberikan uang lebih saat mem-foto-copy. Yang penting mereka mendapatkan foto copy-nya. Jadi, dapat keuntungan dua, kan?
Buat Tugas di Kos 
Mungkin, ini berlaku bagi kalian yang memiliki sedikit kepintaran dibandingkan teman-teman. Biasanya, teman-teman akan berkumpul pada saat buat tugas. Nah, jika kalian menganggap diri kalian pintar dan teman-teman menganggap juga begitu, maka sebaiknya buat tugas di kos kalian. Ini juga mampu memperpanjang biaya pengeluaran kalian. Biasanya teman-teman akan membelikan kita snack atau lainnya pada saat seperti itu. Sangat disayangkan, kan, kalau dilewatkan?
Temani Teman Buat Tugas

Terlepas dari buat tugas di kos, cara ini juga termasuk efektif. Biasanya, ada beberapa teman yang memang berniat untuk buat tugas, tapi terkendala dengan kemampuan, maka biasanya teman akan mengajak kita untuk membuat tugas. Nah, di sinilah untuk mulai menjadi teman yang baik untuk teman kita. Kita akan membuatkannya, atau sedikit menjelaskan. Kalau sudah demikian, biasanya teman akan suka cita juga membonuskan kita snack-snack ringan, bahkan bisa memberikan kita ucapan terima kasih dengan uang. 


Apa lagi, ya? Aku rasa cukup, ya. Baiklah, sekian dulu. Mungkin nanti akan ada lagi semacam ini. Tapi entah kapan. Yang pasti, aku sedang memulihkan ingatan masa kuliah dulu. Jika mulai ingat, maka aku akan berbagi. O ya, catatan ya… di sini tidak ada unsur negatif apa pun. Ya, ini semacam saling berbagi satu sama lain. Jadi, jika tidak ada yang saling merugikan, itu berarti tidak kenapa-kenapa.
Bagaimana? Semoga membantu ya. Ingat pula, hal ini butuh proses. Mendapat kepercayaan dari teman juga butuh proses. Jadi, jadilah dirimu sendiri. Ingat tentang sebuah karma. Maka, jangan lupa jadi pribadi yang baik, ya. Salam hangat.  

Berbagi itu menyenangkan. Jadi, jangan sungkan untuk berkomentar. Beri kritik & saran juga diperbolehkan. Salam kenal, ya... ^_^
EmoticonEmoticon