Ticker

6/recent/ticker-posts

Enam Hal yang Membuat Pernikahan Sukses

Manusia yang memiliki kematangan segi fisik dan mental menginginkan sebuah pernikahan. Saat pernikahan terwujud, hal yang diinginkan pasti pernikahan yang bahagia. Tercapainya kebahagiaan berarti pernikahan dikatakan sukses. Walapun sejatinya, sebuah pernikahan itu tidak lepas dengan perselisihan. 

Perselisihan. Memang hal ini kerap melanda sebuah pernikahan. Dengan adanya perselisihan, menjadi bumbu dari pernikahan. Tidak lengkap memang jika pernikahan berjalan tanpa adanya hal demikian. Seolah, ada sesuatu yang kurang. Kenapa demikian? Karena sejatinya setiap individu yang hidup bersama pasti memiliki ego masing-masing, pendapat masing-masing, dan tentunya akan memicunya perselisihan.

[sumber gambar: kendalserut.wordpress.com]

Dengan adanya perselisihan, menutut setiap pasangan hidup memang benar-benar harus bertindak yang baik dan memutuskan sesuatu dengan baik-baik. Karena sesungguhnya perselisihan itu kerap membuat dalang dalam ruskanya pernikahan. Oleh karena itu, kematangan emosional sangatlah dibutuhkan dalam sebuah pernikahan.

Jika perselisihan dalam pernikahan itu sering terjadi, itu disebabkan karena pasangan hidup itu benar-benar memiliki permasalahan dari pasangannya. Jika sudah demikian, bukan menjadi bumbu lagi dalam pernikahana melainkan terciptanya sebuah peperangan.

Dengan adanya demikian, sebaiknya, sebelum terciptanya sebuah peperangan, sebaiknya sebuah pernikahan itu harus memiliki hal-hal yang harus diterapkan supaya terciptanya pernikahan yang bahagia. Apakah Anda ingin pernikahan yang bahagia? Oh, sukses? Ini enam hal yang harus dilakukan setiap pasangan agar pernikahannya sukses.

Kebersamaan
Pernikahan yang sukses harus selalu bersama. Dengan kebersamaan ini, rasa sayang terhadap pasangan makin kuat. Bayangkan saja, bila Anda dalam satu rumah, tapi jarang bertemu. Maka, tidak dipungkiri perselisihan akan terjadi. Rasa sayang akan luntur. Kalau sudah demikian, saling menghargai terhadap pasangan akan hilang. Sudah, pernikahan akan hancur. Apakah Anda mau hal itu terjadi?

Biasakan Berdialog
Menjadi pasangan hidup bukan hanya dijadikan sebagai pelengkap hidup, tapi lebih dari itu. Dalam berpasangan, interaksi kerap terjadi. Namun, bukan hanya sekedar berinteraksi lalu mengobrol ada kadarnya, seharusnya lebih dari itu. Jadi, jika sudah memilih untuk hidup bersama, maka diperlukan yang namanya komunikasi. Karena dengan sering berkomunikasi akan mengurangai rasa kecurigaan terhadap pasangan. Dalam berkomunikasi, banyak hal yang harus dibicarakan. Bisa mengenai perasaan setiap pasangan, bagaimana seharusnya mengatasi masalah yang ini atau itu, dan tentu masih banyak hal yang harus dibicarakan. Intinya, berdialog antar pasangan dalam sebuah pernikahan itu sangatlah penting.

Saling Memberi Sentuhan
Apakah Anda sudah punya Anak? Cobalahlah marahai anak Anda, lalu biarkan dia merengek menangis. Lalu, apa yang terjadi dengan anak Anda? Sudah tentu, anak Anda akan sangat marah terhadap Anda, atau anak Anda akan tidak pernah menyahut saat dipangil. Garis merahnya, sesungguhnya jika Anda benar-benar marah pada anak Anda, cobalah untuk dekati dia dengan sentuhan, lalu berikan penjelasan kenapa Anda memarahinya. Maka, dengan itu anak Anda akan merasa kalau yang dia lakukan salah. Demikian pula terhadap pasangan, biasakan lakukan sentuhan-sentuhan kecil kepadanya. Karena hal itu dapat mempererat kedekatan dan rasa sayang bertambah.

Saling Menaruh Rasa Simpati
Setiap individu memang memiliki tingkat emosional yang berbeda, baik itu laki-laki atau perempuan. Dengan adanya emosi memang kerap membuat pernikahan mudah sekali hancur. Aplagi jika sepasang suami istri memiliki emosi yang tinggi, maka sudah jelas akan ikatan pernikahan mudah selesai. Dengan kondisi ini, sebenarnya, agar terciptanya pernikahan yang bahagia, sebaiknya setiap pasangan saling mengerti akan kondisi setiap pasangannya, dalam hal ini, rasa simpati itu juga harus diterapkan dalam ikatan pernikahan.

Adanya Komitmen
Pada initnya, semua permasalahan dalam pernikahan itu sejatinya bisa terselamatkan apabila sepasang suami istri memiliki komitmen yang kuat dalam pernikahan. Mudah sekali untuk mengakhiri sebuah pernikahan jika tidak dilandaskan atas komitmen. Jadi, bila Anda mengalami kemunduran dalam menjalin pernikahan, maka ingatlah komitmen Anda untuk menikah dengan pasangan Anda. Tentu, dengan menerapkan hal-hal di atas juga dapat membantu pernikahan Anda.

Saling Melengkapi
Setiap mahluk hidup memang memiliki kekurangan dan kelebihan. Dua hal itu tidak lepas memang dari kehidupan, terutama dalam pernikahan. Jika dua hal itu membuat pernikahan Anda bermasalah, maka ingatlah makna dari ‘mahluk hidup’ itu sendiri. Intinya, saling melengkapi adalah hal baik dalam ikatan pernikahan. Bayangkan saja seperti koin, pasti memiliki dua bagian yang tidak bisa lepas. Jika sudah demikian, maka sepurnalah sebuah pernikahan.


Hal-hal dalam uraian ini bukan semata membuat pernikahan akan sukses. Karena sebenarnya, letak dari kesuksesan pernikahan itu ada pada Anda sendiri. Menyadari akan kehidupan yang terus menurus berjalan, maka enam hal tersebut  sebagai patokan untuk menuju pernikahan sukses.
Reactions

Post a Comment

0 Comments