Ticker

6/recent/ticker-posts

Cara Kirim Cerpen Anak ke Radar Bojonegoro

Akhir-akhir ini aku tidak pernah menulis. Dikatakan sibuk, tidak juga. Dikatakan malas, ada benarnya juga sih, tapi minggu-minggu ini sering nulis untuk blog sih. Jadi, banyak membaca buku (nggak juga sih), untuk bisa membuat artikel di blog. Lalu kenapa? Entahlah. Mungkin karena nunggu naskah di penerbit yang lagi merambat untuk mayor, atau penerbit mayor tapi masih mikir produksi buku banyak, haha... yang ujung-ujung ditolak juga. susah juga sih untuk mengatakannya. Intinya sih, lagi buntu saja.

Bukan itu saja, mingu-minggu ini juga suka ngomongin tentang Google AdSense, jadi banyak browsing tentang GA. Plus, ngobrol sama teman tentang GA, kebanyakan nanyak sih. Soalnya masih pemula banget tentang GA. Dan jujur, sudah daftar GA berapa kali namun... ya itu, ditolak! Naas sih, tapi setidaknya mencoba. Padahal, kalau ditinjau, seharusnya aku sadar, blogku belum cocok untuk daftar GA. Huh! Dasar akunya saja modal coba-coba.

Eh, kayaknya aku ngelantur terlalu jauh deh. Nggak nyambung dengan judul yang mau aku tulis. Tapi ya sudah, anggap saja aku curcol. Boleh ya?

Baiklah, kali ini aku post cara kirim cerpen anak ke Radar Bojonegoro, karena dua tulisanku tentang kirim ke media lumayan banyak yang baca. Jadi, dengan ini juga, aku berharap tidak ada lagi yang bertanya tentang kirim cerpen anak ke Radar Bojonegoro. Disimak ya caranya....

Pertama, jelas harus rajin baca cerpen anak. Aku dulu, waktu mau kirim ke sini cari-cari cerpen untuk dibaca juga. Banyak kok contoh cerpen anak yang dimuat di Radar Bojonegoro. Di blogku ini aja, ada cerpen anak yang aku post. Boleh, kok, dicari.

Kedua, siapkan cerpen anak dengan baik-baik. Usahakan penuturannya sesederhana mungkin. Yang enak dibaca pastinya. Intinya sih, bahasanya bisa dipahami oleh anak-anak.

Ketiga, endapkan dulu ya. Mungkin ada beberapa bagian yang perlu diperbaiki. Lalu, edit ulang bagian yang memang mau dirombak.

Keempat, usahakan jangan salah tulis atau typo, kalau beberapa salah kata sih nggak apa-apa, tapi kalau banyak? Selamat gagal saja, ya...

Kelima, kirim langsung. Kalau kirim ke Radar Bojonegoro, ke e-mail ini: kenalyan@yahoo.com , jangan lupa di subjek tulis ‘cerpen anak + judul’.

Keenam, berdo’a. Hal ini memang harus dilakukan. Aku dulu, awal mau kirim bahkan harus sholat duhah (bukan pamer ya). Tapi eh, pengen ngajak ke arah baik nggak apa-apa, kan?

Ketujuh, selamat menanti. Biasanya kalau cerpen anak dimuat, tim redaksi akan mengirimkan bukti terbit dan kaos oblong.

Nah, demikian cara kirim cerpen anak ke Radar Bojonegoro. Beberapa lagkah di atas sudah aku terapkan. Kalau dihitung, sudah empat kali cerpen anakku dimuat di sana. Hanya saja, akhir-akhir ini aku memang nggak pernah nulis lagi. Semoga dengan adanya langkah-langkah ini, sahabat bisa berkenan mencoba. Bersyukur kalau memang dicoba.

Cukup sekian, terima kasih sudah mau membaca uraian yang lumayan panjang ini. Sebenranya, berharap ada komentar juga.  Hehe... (abaikan!)
Reactions

Post a Comment

8 Comments

  1. Wah makasih infonya, Mas. Kapan-kapan bisa coba kirim nih ^_^

    ReplyDelete
  2. Alamatnya benar kenalyan@yahoo.com ini ya?
    Soalnya berbeda dengan email rubrik cerpen/puisi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar mas. ayo coba kirim. semoga beruntung, ya... ^_^

      Delete
    2. Kok tidak bisa emailnya?

      Delete
    3. aku biasa kirim pakai e-mail ini. aku juga pernah kirim dengan e-mail ini lagi, beberapa kali. tapi karena tidak pernah lolos. akhirnya berhenti kirim. atau mungkin ganti,ya... nanti aku tanya teman yang biasa kirm ke sana dulu. ^_^

      Delete
  3. fokus dari postingan radar bojonegoro memang hanya cerpen untuk anak ?
    mislanya tentang Ekokritik dll bagaimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku kurang tahu. ngk pernah beli korannya secara utuh. aku hanya kirim cerpen anak.setiap rubrik kayaknya beda e-mail. biasanya untuk cerpen dewasa dikhusukan untuk orang bojonegoro. sekarang, saya ngk pernah kirim lagi ke sini.

      Delete

Berbagi itu menyenangkan. Jadi, jangan sungkan untuk berkomentar. Beri kritik & saran juga diperbolehkan. Salam kenal, ya... ^_^