Ticker

6/recent/ticker-posts

Kartun yang Cocok untuk Anak-anak

Tidak bisa dipungkiri, perkembangan tehnologi sangatlah begitu pesat. Dampak positif pun kerap kita nikmati. Negatifnya? Jangan ditanyakan lagi. Negatif dari tehnologi itu sangatlah banyak, bahkan penyebab itulah yang menyebabkan genrasi muda tersungkur dari keteguhan iman. Namun, bukan semata-mata karena itulah penyebabnya, melainkan banyak hal. Salah satunya adalah orangtua. Ya, orangtua. Oleh karena itu, orangtua sangatlah berperan banyak dalam perkembangan tehnologi. Yaitu, membimbing anak dalam memanfaatkan tehnologi.

                Di sini, bukan berarti aku akan menceramahi atau mengajari setiap orngtua, karena aku percaya, setiap orangtua memiliki metode masing-masing untuk membimbing anaknya. Yang pasti, setiap orangtua menginginkan terbaik untuk anaknya. Nah, dari sinilah aku akan mencoba berbagi sedikit tentang bagaimana membimbing anak yang baik. Namun, dalam tarap ini masih sangat minim, karena yang aku sampaikan adalah pilihan kartun yang layak ditonton anak-anak.

                Kartun? Iya, kartun. Karena tidak dipungkiri, anak usia 2 sampai 12 tahun masih suka menonton kartun. Tidak bisa dipungkiri juga, di atas usia itu juga masih banyak yang suka menonton kartun. Hal demikian, jelas menyebabkan orangtua harus teliti benar untuk memilihkan kartun yang layak ditonton untuk anak-anak. Karena ada banyak kartun yang ditanyangkan di TV tidak mendidik, bahkan mengundang bahaya.

                Baiklah, aku akan menyampaikan berapa pilihan kartun yang layak ditonton untuk anak –anak.

Upin Ipin

                Ini kartun berasal dari Malaysia. Kartun ini sudah berapa tahun tanyang di Indonesia. Kartun ini banyak disukai anak-anak. Bahkan, buakan hanya anak-anak yang suka, orang dewasa pun suka. Karena kartun ini benar-benar layak ditonton untuk anak-anak. Dari segi cerita, hikmah, sebab-akibat, dan masih banyak lainnya memang baik untuk anak-anak. Namun, ada bebarapa epesode, terutama di film Upin Ipin yang judulnya Utraman Ribut, orangtua harus membimbing anak untuk menontonnya. Kenapa? Karena ada beberapa adegan di sana yang sangat bahaya, terutama di tokoh Ultraman-nya.

                Bukan sekedar omongan semata. Ini aku alamai. Keponakanku sangatlah suka Ultraman Ribut. Kadang dia suka meniru gaya Ultraman. Dia juga biasanya loncat layaknya Utraman. Makanya, tiap malam ada saja yang dia rasakan. Sakit tanganlah, dan lain-lainnya. Jadi, karena itu, ada beberapa eposode orangtua harus temani anak untuk menonton.

Pada Zaman Dahulu

                Ini kartun tentang zaman dahulu. Dalam kartun ini, ada dua segmen yang dilakukan. Pertama, segmen kartun manusia yang mana lebih di fokuskan ke Aki, Ara, dan Aris. Di mana dalam segmen ini sebab akibat sering dimunculkan. Karena ada sebab akibat yang dimunculkan, hingga Aki akan menceritakan kisah pada zaman dahulu, yaitu kartun dunia binatang. Kalau dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, namanya fabel. Tujuannya, jelas, agar ada hikmah atau pelajaran yang didaptkan dari cerita tersebut. Jadi, Aris tidak akan mengulang kesalahannya.

                Dala kartun binatang alias fabel. Diceritakan tentang kancil yang bijak. Karena kebijakannya itu, banyak teman-teman yang meminta bantuan padanya. Bukan masalah temannya saja yang diselesaikan, masalahnya juga bisa diselesaikan. Makanya, si kancil dikenal dengan binatang yang cerdik. Dalam fabel ini juga, ceritanya baik dan sebab akibatnya juga jelas. Jadi, asyik dan seru untuk ditonton.

                Namun, walaupun ceritanya asyik dan seru, orangtua juga harus menemani anak-anak menonton. Ini tujannya agar orangtua bisa menasihati anak mana yang baik dan tidak baik. Mana sebab dan mana akibatnya.

Robocar Poli

                Kartun ini sudah tayang berkisar kurang lebih dua bulan di RajawaliTV. Tayanganya setelah selesai sholat Isya (WITA). Kartun ini berkisah tentang Tim Penyelamat. Tokohnya ada Poli (robot polisi), Roy (robot pemadam kebakaran), Amber (robot ambulan), dan Heli (robot helikopter), serta ada Jin (kartun manusia yang bertugas sebagai pemimpin/opertaor dari robot tersebut). Dari segi ceritanya, walaupun dalam bentuk kartun mobil-mobilan, begitu baik, seru dan tentu asyik untuk ditonton. Dalam setiap cerita seperti serial, setiap eposode ada saja masalah yang dihadapi, namun dalam eposede itu juga selesainya.

                Bukan hanya dari segi ceritanya, ada beberapa eposode khusus biasanya akan ditanyangkan cerita yang mengajarkan anak-anak; bagaimana cara menyebrang jalan, tidak boleh di belakang mobil, aturam-aturan lalu lintas, dan masih banyak pengetahuan yang dibahas dalam ceritanya.

                Tidak lupa, sekali lagi, sebagai orangtua juga menemani anak untuk menonton, apalagi dilihat dari jam tanyangnya, takutnya anak kecanduan untuk menonton berikutnya. Tidak lupa pula, jelas, peran orangtua adalah menguatkan apa yang ada dicerita tersebut. Takutnya, ada beberapa yang tidak dipahami anak-anak.

                Sekian, hanya ini yang bisa aku ulas tentang beberapa kartun yang layak ditonton anak-anak. Ini semat-mata hanyalah pendapatku. Selama ini, yang aku rasa, apalagi membimbing keponakanku untuk menonton tidak ada hal buruk yang terjadi. Semoga saja, tontonan ini semakin meningkatkan kualitasnya.

Catatan: orangtua salah satu ladang pengetahuan untuk anak. Jadi, layak pula orangtua lebih memperdalam pengetahuannya. Jelas, gunanya untuk memperbaiki kesalahan pemahaman anak-anak.

Happya Watching. ^_^

images ;
* www.attayaya.net (dalam www.upindanipin.com.my)
*www.youtube.com
*www.vsluh.ru
Reactions

Post a Comment

0 Comments