Ticker

6/recent/ticker-posts

7 Kebiasaan yang Bikin Otak Lemot

Otak biasanya digunakan untuk berpikir. Segala bentuk aktivitas yang dilaukakn, pasti menggunakan otak. Memilih mana yang baik dan benar juga termasuk berpikir. Nah, karena sangat vitalnya otak menyebabkan seseorang harus menjaga baik otaknya. Contoh dasar saja, saat berpergian menggunakan sepeda motor, kita perlu menjaga otak karena kita tidak tahu kemungkinan akan terjadi apa pada diri kita, untuk itu diperlukan sebuah pengaman untuk otak kita. Apa itu? Ya, benar, helm. Helm adalah salah satu benda yang kita gunakan untuk menjaga otak kita.

Selain itu, otak juga memerlukan asupan gizi agar daya yang ada di otak tetap stabil. Kita tidak mau kan otak kita mengalami gangguan. Nah, karena itu, perlu kita memperhatikan otak kita. Caranya? Ah, kali ini, saya tidak akan membahas hal itu. Mungkin di lain waktu saja. Untuk kali ini, saya akan lebih ke kebiasaan kita yang bisa mengganggu daya otak kita. Maksudnya seperti ini, 'lebih baik mencegah dari pada mengobati'. Nah, karena hal itu, maka saya akan mengulas 7 kebiasaan yang bikin otak lemot. Jika kita sudah tahu, maka kita bisa mencegahnya.

Bagimana, benar, kan? Atau, ada yang mau otaknya lemot kaya keong? Pentium lama? Kayaknya tidak ada yang rela. Kalu begitu, mari perhatikan kebiasaan yang menyebabkan otak kita lemot.
  • Kurang Tidur

Tidur merupakan salah satu faktor yang menentukkan kesehatan. Karena pentingnya tidur, dalam satu hari kita diwajibkan untuk tidur beberapa jam saja. Jika tidak, maka kita yang kurang tidur maka akan menyebabkan otak mengalami kelelahan. Kalu sudah begitu, daya otak akan melemah. Nah, kebiasaan ini yaitu, kurang tidur, biasanya dialami oleh orang yang sibuk karena suka bergadang.
  • Mengomsumsi Gula Berlebihan
Mengomsumsi gula berlebihan juga tidak baik. Hal itu akan menyebabkan penyerapan zaat yang penting bagi tubuh jadi kekurangan. Selain itu, daya serap pada otak akan terganggu, Jelas, itu disebabkan karena penyerapan zat-zat penting di tubuh terganggu, pada otak pun akan kekurangan asupan gizi yang dibutuhkan.
  • Malas Berpikir
Wah... ini juga menyebabkan otak kita lemot, loh. Karena kita malas berpikir, otomatis otak tidak terasah dengan baik. Seringnya otak tidak dipakai berpikir, lambat laun otak jadi beku. Jika dipaksa berpikir, maka kita mudah sekali pusing, atau proses penyerapan suatu hal sulit dipahami.
  • Tergantung pada Tehnologi
Bagian ini ada kaitannya dengan malas berpikir. Sebab, saat ada pertanyaan atau sesuatu hal yang kita alami, sering kita menghandalkan tehnologi untuk mencari solusi. Contoh dasarnya saja, ketika ada PR bagi para pelajar, karena malas berpikir, mudah saja dicari di Mbah Google. Jawaban akan mudah diperoleh dari sana. Gampang, kan? Hihi... padahal kebiasaan itu berdampak buruk bagi otak kita.
  • Malas Berolahraga
Apa pun yang kita cari di Google, atau solusi, biasanya point pada bagian ini paling sering kita temukan, olahraga. Ya, ini merupakan faktor vital dalam hal kesehatan. Untuk itu, di bagian ini juga termasuk, karena dengan berolahraga asupak okiseg yang dibutuhkan otak kita akan tercukupi. Biasanya, bagi orang yang suka berolahraga memiliki pola pikir yang positif.
  • Minum Alkohol
Bagi yang suka minum alkhol, maka siap-siaplah mengalami daya otak yang minim. Sebenarnya, tidak heran dengan hal demikian, sebab sering kita temukan orang yang sering minum alkohol memiliki daya pikir yang lemah; mudah marah, menyerang orang lain, bahkan mampu meakukan sesuatu di luar nalarnya. Oh, sungguh berbahaya!
  • Stres Berlebihan
Bayak pikiran karena masalah. Tidak mampu menyelesaikan masalah membuat kita jadi stres. Mengalami hal demikian, tanpa kita sadari juga berpengaruh dengan otak kita. Jadi, tidak heran jika ada orang stres dan mudah sekali ingin bunuh diri. Untuk itu, diperlukan kemampuan untuk bisa mengatasi hal tersebut dari diri kita sendiri. Salah satu caranya, ya, kita mendekatkan diri pada Sang Pencipta.


Demikianlah ulasan dari saya. Point-point yang ada dalam artikel ini saya ambil dari fans page Pendidikan Indonesia di facebook. Kekurangan dalam artikel ini semata karena saya masih proses belajar.

Selamat membaca. Semoga bermanfaat.
Reactions

Post a Comment

0 Comments