Ticker

6/recent/ticker-posts

Resensi Buku Muslim Banget

Resensi di Sastra Sumbar, dimuat 30 Januari 2016.

PEREMPUAN ISTIMEWA PERHIASAN DUNIA

Ini buku keponakanku yang perempuan yang punya.  Buku ini dibeli di awal tahun 2015. Katanya, dia mau belajar jadi muslimah yang baik. Karena dibiarkan (entah selesai dibaca atau tidak) aku mencoba untuk belajar membuat resensi. Niatnya juga pengen dapat buku dari penerbit (lihat teman-teman sih, jadinya tergiur). Makanya, coba-coba belajar buat resensi dan alhamdulillah jadi.

Resensi yang kubuat ini sudah beberapa media aku kirimi, tapi tidak ada yang mentok, bahkan, pernah aku post di facebook. Tapi dipikir-pikir, untuk bisa percaya dengan kemampuan  diri sendiri bahwa aku bisa, akhirnya resensi ini aku kirim ke Sastra Sumbar,  kalau tidak salah aku kirim tanggal 8 Maret 2015, dan alhamdulillah diberi kabar tanggal 8 Januari 2016, dan diterbitin tanggal 30 Januari 2016. Cukup lama masa tunggunya, ya.... ^_^



Oke, selamat membaca. Kritik dan saran ditunggu....

Judul Buku: Muslimah Banget
Penulis: Naurel Firdaus
Penerbit: de TEENS
ISBN: 978-602-255-486-8
Terbit: Maret 2014 (cetakan pertama)
Tebal: 140 halaman
Peresensi: Muhammad Madun Anwar

Perempuan diciptakan berbeda dengan kaum laki-laki. Kelebihan yang dimiliki perempuan adalah kelebihan yang disisipkan oleh Allah SWT. Kelebihan berupa dapat mengandung, melahirkan dan menyusui. Kerena kelebihan itulah yang membuat perempuan istimewa. Karena perempuan itu istimewa, maka layak pula perempuan itu mengistimewakan dirinya. Salah satu cara menjadi perempuan istimewa adalah menjadi perempuan salehah. Sebagaimana sebuah hadits mengatakan, “Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baiknya perhiasan adalah wanita salehah.”

                Buku Muslimah Banget (jaga diri karena kamu istimewa) karya Naurel Firdaus adalah salah satu alternatif untuk perempuan yang ingin mengistimewakan dirinya. Buku ini terdiri dari tiga bab. Setiap bab menjelaskan poin-poin yang berguna bagi perempuan.

                Bab pertama mempoinkan tentang seputar aurat. Sebagaimana batasan aurat perempuan adalah seluruh bagian tubuhnya, kecuali wajah dan kedua telapak tangan (halaman 37). Dalam hadist pun dijelaskan sebagaimana diriwayatkan oleh Abu Dawud, “Sesungguhnya anak perempuan apabila telah haid tidak dibenarkan terlihat darinya kecuali wajah dan tangannya sampai persendian (pergelangan tangan)” (halaman 39).



                Bab kedua menjelaskan tentang perempuan muslimah gaul. Dimana perempuan muslimah gaul itu anti galau, karena bila direnungkan galau itu tidak ada gunannya. Yang sepatutnya adalah memahami kebahagiaan itu muncul mana kala hidup menanamkan kunci kebahagiaan itu sendiri yaitu; bersyukur, bersabar dan berjuang (halaman 65).

                Perempuan muslimah juga bukan tidak boleh mengenal sosial media. Boleh, asal tidak membuat setatus galau yang megumbar aib. Sebaiknya perempuan muslimah menyampaikan kegalauannya dengan memohom, meminta, dan menyampaikan harapan kepada Allah SWT melalui doa setelah sholat atau sholat malam (halaman 69).

                Sejatinya perempuan adalah istimewa. Sejatinya pula harus memperhatikan hal demikian. Perempuan istimewa juga selayaknya pula mengetahui akan kebersihan dan kesucian atau taharah, dimana dalam bahasa Arab artinya bersuci atau kesucian (baik lahir maupun batin) (halaman 78).

                Aspek taharah dirincikan pada bab tiga yaitu haid dan nifas. Dimana diketahui bahwa perempuan akan mengalami haid. Sebagaimana sabda Rasulullah, “Inilah yang telah Allah tetapkan kepada anak-anak wanita keturunan adam.” (HR. Bukhari dan Muslim) (halaman 79).

                Kedatangan haid berarti bertanda bahwa perempuan itu normal dan dapat mempunyai keturan. Namun sebagian dari perempuan ada yang tidak mengalami haid juga. Oleh karena itu, dalam buku ini dijelaskan tentang hal demikian; haid yang putus, masa haid yang maju mundur, haid yang kadang datang cepat kadang telat dan ragam keluhan yang dialami perempuan.

                Sebagai perempuan yang mengistimewakan dirinya, layak memiliki buku ini. Buku setebal 140 ini juga menguraikan tips-tips yang diberikan agar menjadi perempuan muslimah yang baik dan tentu (pakai banget). Penjelasan dalam buku ini ringan, meremaja dan tentunya mudah dicerna. Semua perempuan muslimah layak untuk buku ini.
Reactions

Post a Comment

0 Comments