Ticker

6/recent/ticker-posts

Memanfaatkan Cup Mie Menjadi Pot Bunga

Barang Bekas - Jauh-jauh hari, aku ingin mengisi blog degan tema ini – manfaatkan barang bekas. Namun kuota modem sudah habis. Dan alhamdulillah, hari ini sudah mengisinya. Kuota memang diibaratkan seperti nyawanya modem. Tanpa itu, alhasil modem hanyalah seperangkat alat bantu tiada berdaya. Sama sekali tidak bermanfaat. Paling hanya bisa dipakai pengganti kabel data. Memory card dimasukkan ke modem. Tapi sayang, modem yang kupakai tidak bisa. Jadi, hanya bisa dipakai untuk internetan semata.

cup mie jadi pot kecil
Baiklah. Lupakan uraian singkat di atas. Untuk post kali ini, sebenarnya aku ingin mengajak teman-teman untuk memanfaatkan barang bekas biar tidak menjadi sampah di rumah. Salah satu sampah yang biasa ada di rumah adalah cup dari mie yang biasa kita beli. Cup dari mie biasanya digunakan juga untuk bermain oleh anak-anak. Selain itu, cup mie juga sebenarnya bisa dipakai sebagi tempat menaruh bahan-bahan dapur. Namun, banyak di antara kita yang belum bisa memanfaatkannya. Nah, untuk kali ini, aku akan memanfaatkan cup mie yang aku jadikan sebagi pot.

Ini ada beberapa langkah yang aku lakukan untuk menjadikan cup mie sebagi pot.
  1. Siapkan beberapa cup mie. Cup mie bisa dari merek mana pun; pop mie, selera pedas, sedaap, dll.
  2. Lubangi bagian bawah cup mie menggunakan jarum rajutan. Sebenarnya bebas sih, yang penting bagian bawah bisa berlubang. Ini fungsinya sebagi tempat pembuangan air yang akan mengalami pergantian air saat kita menyiram.
  3. Lapisi bagian bawah (dalam) cup mie menggunakan serabut kelapa atau bisa menggunakan bekas serutan kayu, atau sekam, kemudian tutup dengan tanah.
  4. Tanam tanaman yang sudah dipilih. Kalau saya menanam sansivera/lidah mertua yang berukuran kecil. Intinya sih, sesuaikan ukuran cup mie dengan tanamannya.
  5. Taburkan tanaman (bagian atas) dengan bekas serutan kayu. Hal ini agar tidak terlihat tanah dan terlihat lebih cantik (rapi).
  6. Siram tanaman.
Supaya terlihat cantik, kalian juga boleh cat cupnya. Ini semata agar terlihat cantik saja. Ya, hitung-hitung untuk bisa menghilangkan merek cup mie tersebut. Tapi ya itu, tergantung selera kalian saja. Jika tidak mau mengeluarkan uang untuk beli cat, biarkan saja seperti pada gambar. Tetap kelihatan cantik, kan?

Sekian. Semoga kalian bisa menirunya, ya. Alangkah baiknya kita memanfaatkan barang bekas. Ini jelas supaya barang bekas tidak menjadi sampah yang nantinya sulit diuraikan oleh tanah. See you. Semoga bisa berbagi yang lainnya. Tentu, hal itu jelas bermanfaat.^^
Reactions

Post a Comment

2 Comments

Berbagi itu menyenangkan. Jadi, jangan sungkan untuk berkomentar. Beri kritik & saran juga diperbolehkan. Salam kenal, ya... ^_^