Ticker

6/recent/ticker-posts

Mencari Kebahagiaan

Judul               : Sebuah Episode
Penulis             : Hanum Safanas
Tahun              : 2008 (cetakan ketiga)
Jumlah             : 115 halaman
Penerbit           : Tifa Publishing House
ISBN                : 979-1087-04-0

Novel yang kupost hari ini adalah novel pemenang tingkat Nasional pada sayembara penulisan naskah buku bacaan fiksi yang diselenggarakan oleh Pusat Perbukuan Depdiknas tahnun 1999/2000. Novel ini aku pinjam di perpustakaan sekolah tempat mengajarku.

Novel ini berkisah tentang Yon – pemuda yang masih duduk di bangku SMU kelas tiga. Kondisi keluarganya yang sederhana membuatnya merasa tidak bahagia. Ayahnya bekerja sebagai pegawai negeri yang tidak menduduki jabatan penting di kantornya. Sedangkan ibunya, hanya ibu rumah tangga.

            Yon merasa ayahnya membanding-bandingkannya dengan saudaranya yang lain. Hingga anatara ia dan ayahnya kerap mengalami pertentangan. “Lihat saudaramu yang lain, tidak ada yang tidak masuk peringkat lima besar. Kakakmu Tita semasa di SMU peringkat lima. Bahkan waktu SD pernah juara umum. Sedangkan adikmu Farid sampai sekarang selalu menjadi juara satu di sekolahnya. Dulu, Masmu juga selalu juara umum. Apa kamu nggak punya keinginan untuk meraih prestasi seperti saudara-saudaramu? Mikir, dong! Kamu saja ynang nggak peduli pada dirimu sendiri.” (halaman 20)

            Karena tidak betah di rumah, Yon pergi dari rumah. Ia memilih tinggal bersama Jim, teman semasa SLTPnya dulu. Bahkan Jin, memberikannya pekerjaan. Kebahagiaan pun dirasakan saat penghasilan dari hasil keringat bisa ia nikmati. Namun, seperti kisah kleuarga pada umumnya. Kebahagiaan tetap berada saat bersama keluarga. Banyak rintangan yang dialami Yon saat di luar.

            Novel ini sangat sederhana. Mudah dipahami. Bahasa yang digunakan pun ringan. Jadi, pantas menjadi juara. Masalah yang diangkat pun terjadi di sekitar kita. Jadi, tidak ada ruginya untuk memiliki novel ini. Namun sayang, pada novel ini ada kesalahan dalam tata letak dialog dan narasinya.

            Oke! Selamat mencari di perpustakaan sekitarnya. Maklum, buku lama. ^_^
Reactions

Post a Comment

0 Comments