Ticker

6/recent/ticker-posts

SOAL SKB GURU SD BAGIAN 1

Assalamu alaikum Wr Wb...
Hallo para pejuang CPNS, gimana kabarnya? Semoga dalam keadaan baik-baik saja, ya. Oya, tetap jaga kesehata ya. Tentunya, komsumsi makanan bergizi dan jangan lupa berolahraga.

image source

Di sini, saya memebrikan keterangan bahwa bagi teman-teman yang ingin kumpulan soal-soal SKB untuk Guru SD, kali ini saya bisa bagikan di blog ini. Soal-soal ini saya susun dari berbagai sumber, dan tentunya soal-soal ini sudah saya gunakan sebagai simulasi di channel youtube saya pribadi. Jadi, bagi teman-teman yang ingin mencari pembahasan bisa dilihat di sana, ya.

Saya berharap, dengan adanya soal-soal SKB bagi Guru SD ini menjadi refrensi untuk teman-teman belajar. Tentunya, semoga teman-teman semangat untuk belajar. Semangat!

****

SOLA SKB GURU SD BAGIAN 1

Soal Pilihan Ganda
Pilihlah salah satu jawaban yang dianggap benar!

1. Seringkali seorang guru harus menjalankan tugas yang tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan dan keterampilan. Apa tanggapan Anda bila menerima tugas seperti itu?
a.       Hanya akan bekerja bila sesuai dengan pendidikan dan keterampilan saya
b.      Saya akan melaksanakan namun tidak menjamin hasil kerja saya
c.       Saya akan melaksanakan setelah menyampaikan pada pimpinan bahwa sebenarnya itu di luar bidang ilmu dan keterampilan saya
d.      Saya akan menjalankan sepenuhnya, sekalipun harus menguatkan hati untuk melaksanakannya
e.      Menjalankan tugas dan menganggap sebagai kesempatan untuk belajar pada bidang yang belum pernah saya geluti

2. Guru banyak menggunakan ceramah dalam kegiatan pembelajaran karena tidak tersedia media dan sumber belajar. Kondisi tersebut mengakibatkan prestasi belajar siswa rendah. Menghadapi situasi tersebut, bagaimana cara Anda menyelesaikannya?
a.       Saya memanfaatkan alam sekitar sekolah sebagai media dan sumber belajar untuk mengaktifkan kegiatan belajar siswa
b.      Saya menugaskan siswa membuat media dan sumber belajar yang menunjukkan topik pembelajaran sehingga mereka lebih aktif di kelas
c.       Saya bekerja sama dengan orang tua/wali murid untuk memberikan sumbangan dalam pengadaan media dan sumber belajar
d.      Saya meminta siswa untuk belajar di kelas dengan tenang dan memperhatikan penjelasan guru dengan baik agar berprestasi
e.      Saya mengemukakan persoalan tersebut kepada beberapa guru dan tetap mengajar seperti biasa

3. Pembelajaran bermakna memerlukan usaha yang sungguh-sungguh dari siswa untuk menghubungkan konsep baru dengan konsep relevan yang telah dimiliki sebelumnya. Usaha guru untuk mengetahui konsep awal yang dimiliki siswa adalah dengan...
a.       Siklus belajar
b.      Peta konsep
c.       Pembelajaran konsep
d.      Struktur kognitif
e.      Pemroses informasi

4. Pembelajaran kontekstual dianggap pembelajaran yang bersifat mendidik, hal itu disebabkan karena karakteristik pembelajaran tersebut adalah...
a.       Membangkitkan minat siswa
b.      Merangsang siswa lebih aktif belajar
c.       Memberi kesempatan siswa berkreasi
d.      Membiasakan siswa belajar sesuai dengan lingkungan
e.      Menantang siswa untuk selalu belajar

5. Seorang guru aktif dalam pembinaan UKS dan Pembinaan Kepramukaan, ini berarti guru tersebut telah melaksanakan kompotensi
a.       Kompotensi pedagogik
b.      Kompotensi profesional
c.       Kompotensi sosial
d.      Kompotensi manajerial
e.      Kompotensi keperibadian

Bagi teman-teman yang mau full soalnya cek di sini: https://bit.ly/2CEibZF

Pemabahasan bisa di lihat di channel youtube M Adon Anwar, atau cek di bawah ini.


Terima kasih sudah berkenan melihat teman-teman. Sampai jumpa di postingan berikutnya, ya...


Reactions

Post a Comment

0 Comments