Ticker

6/recent/ticker-posts

7 Keutamaan Bertawakkal Kepada Allah SWT

Review Buku

Judul      : Ya Allah, Kok Hidupku Susah Sekali?
Penulis   : Zen Abdurrahman
Penerbit : Diva Press
ISBN      : 978-602-255-747-0
Tahun    : November 2014
Jumlah   : 168 halaman
Editor     : Aya Sophia
Tata Sampul : Rifai Sidiq A

Imam Ibnu Rajab berkata, "Haikat tawakkal adalah hati yang benar-benar bergantung kepada Allah Swt. dalam rangka memperoleh maslahat (hal-hal yang baik) dan menolak mudharat (hal-hal yang buruk) dari urusan-urusan dunia dan akhirat." (halaman 102).

Bertawakkal hanya kepada Allah Swt. senantiasa akan membuat kita lebih bahagia, karena sejatinya manusia memang harus demikian. Rintangan adalah salah satu kendala manusia untuk melakukan hal demikian. Untuk itu, bagi manuisa yang mampu bertawakal, maka ada tujuh keutamaan yang diperoleh.

  • Bukti Keimanan
Manusia yang bertawakkal menunjukkan sejatinya adalah bukti keimanannya. Pada dasarnya, manusia yang bertawakkal merupakan manusia yang memiliki keimanan yang baik.
  • Dimudahkan dalam Mencari Rizki
Sebagaimana hadist Rasulullah Swt. yaitu, "Seandainya kalian betul-betul bertawakkal kepada Allah, sungguh Allah akan memberikan kalian rizki sebagaimana burung mendapat rizki. Burung itu pergi pada pagi hari dalam keadaan lapar dan kembali sore harinya dalam keadaan kenyang." (HR. Ahmad, Tirmidzi, dan Hakim).
  • Diberi Kecukupan
Rizki yang lancar sehingga menyebabkan manusia yang bertawakkal akan diberikan kecukupan hidup oleh Allah Swt. sebagimana firman-Nya: "Dan, barang siapa yang yang bertawakkal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya, Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya, Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu." (QS. Ath-Thalaaq 65:3).
  • Dilindungi dari Godaan Setan
Manusia bertawakkal mencirikan manusia yang memiliki kekuatan iman. Dengan hal demikian, maka Allah Swt melindunginya dari godaan setan. Sebagimana firman Allah Swt.: "Sesungguhnya, setan itu tidak ada kekuasaannya atas orag-orang yang beriman dan bertawakkal kepada Tuhannya."(QS. An-Nahl 16:99).
  • Menghargai Usaha yang Dilakukan
Setiap manusia pasti berusaha. Berhasil dan tidaknya adalah temannya. Namun, sebagai manusia yang bertawakkal, apa pun hasilnya pasti menghargainya. Karena ia percaya, Allah Swt. akan memberikan kemudahan pada tiap manusia yang berusaha.
  • Dicintai oleh Allah Swt.
Percayalah, manusia yang bertawakkal akan dicintai oleh Allah Swt, sebagaimana firman-Nya; "Kemudian, apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya, Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya." (QS. Ali Imran 3:159).
  • Memperoleh Kebahagiaan di Akhirat
Sebagimana firman-nya; "Dan, orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal yang shalih, sesungguhnya akan kami tempatkan mereka pada tempat-tempat yang tinggi di dalam surga, yang mengalir sungai-sungai di bawahnya, mereka kekal di dalamnya. Itulah sebaik-baik pembalasan bagi orang-orang yang beramal, (yaitu) yang bersabar dan bertawakkal kepada Tuhannya." (QS. Al-'Ankabuut 29:58-59). (halaman 108 - 113).

Bersiap-siaplah bagi manusia yang bertawakkal. Keutamaan bagi yang bertawakkal akan memperoleh demikian. Semoga, kita semua termasuk manusia yang bertawakkal. Amin
Reactions

Post a Comment

0 Comments