Ticker

6/recent/ticker-posts

7 Cara Belajar yang Tidak Bikin Bosan

Sebagai pelajar atau mahasiswa, selalu disibukkan dengan aktivitas di sekolah atau kampus. Entah itu tugas, kerja kelompok, atau lain-lainnya. Dari aktivitas tersebut, pasti dituntut untuk selalu belajar. Namun kendalanya, kadang belajar itu bikin bosan, hingga pada akhirnya malas. Atau, sudah belajar setiap hari, tapi ujung-ujungnya dapat nilai yang jelek. Kalau demikian, pasti akan membuat semangat kendor.  Apa sih penyebabnya?

[ image source ]

Kalau bicara mengenai penyebab itu semua, sebenarnya, hal utama penyebabnya adalah tidak adanya konsentrasi. Kalau sudah demikian, maka semua yang dipelajari tidak akan masuk-masuk ke otak. Untuk itu, supaya waktu belajarnya tidak terbuang dengan sia-sia, maka mulailah belajar dengan berkonsentarsi.


Selain konsentarsi, diperlukan juga cara belajar yang bikin mood belajar semakin bertambah. Dengan begitu, maka tanpa terasa belajar pun semakin seru. Lalu caranya? Nah, inilah 7 cara belajar yang tidak akan bikin bosan, malah akan membuat kalian ketagihan.

1. Berdoa
Yang namanya mengawali hal baik, tentu terlebih dahulu berdoa. Ini bertujuan agar setiap aktivitas yang dijalankan akan lancar. Tidak akan ada hambatan apa pun. Dengan berdoa juga, berarti kalian mengharapkan segala yang dipelajari mudah untuk dipahami.

2. Tulis Ulang Materi Pelajaran
Kalian menganggap ini bikin ribet? Atau menghabis-habiskan waktu karena menulis ulang? Jangan berpikir seperti itu, karena dalam buku Sikap dan Moral Penentu Kesuksesan karya Dra. Hj. Sri Mulyati menyatakan kalau menulis ulang materi pelajaran akan membuat kalian mudah mengingat apa yang kalian tulis.

3. Mendengar Musik
Kalian termasuk orang yang suka musik? Ini salah satu cara belajar yang asyik. Stel lagu kesukaan kalian, dengan ini maka belajar adalah hal yang seru. Namun, jangan terlalu larut. Kembali ke niat kalian untuk belajar.

4. Berpura-pura Jadi Guru
Cara ini tidak akan bikin kalian bosa belajar. Pada saat belajar bersama kelompok, berusahalah seperti guru yaitu, menjelaskan kepada teman-teman kalian kira-kira materi mana yang belum dipahami. Atau, bercerminlah, dan lalu peragakan seperti guru benaran.

5. Belajarlah di Sore Hari
Suasana yang baik untuk belajar adalah sore hari. Bayangkan jika kalian belajar pada siang hari, di mana saat kalian harus istirahat. Atau, pada malam hari sampai larut malam, tentu akan membuat kalian bisa telat bangun pagi. Padahal pada malam hari waktunya untuk istirahat. Sedangkan sore hari, kalian bisa belajar untuk merangkum dan tentunya sambil mendengar musik kesukaan kalian.

6. Tinggalkan Sistem Kebut Semalam (SKS)
Lakukanlah  cara nomor 1 sampai 5. Jadi, kalian tidak akan belajar SKS. Karena dengan menggunakan SKS, bukannya mendapat nilai bagus, malah akan membuat kalian kelelahan.

7. Ucapkan Rasa Syukur
Dari ke-6 cara di atas, terakhir kalian harus mengucapkan rasa syukur karena sudah diberikan kesempatan untuk belajar. Bahkan, dalam proses belajar kalian tidak mendapatkan hambatan. Jadi, peluang demikian harus disyukuri.

Demikianlah 7 cara belajar yang tidak bikin bosan. Tidak ada salahnya kalian mencoba. Karena dengan cara demikian, maka kalian tidak perlu susah-susah lagi untuk belajar. Kalian tinggal mengulang bagian materi yang mana belum dipahami. Namun perlu diingat, bagaimana pun cara belajar yang mau kalian terapkan, kalau tidak ada niat dari kalian sendiri, maka kalian tidak akan bisa konsentrasi.
Reactions

Post a Comment

0 Comments