Ticker

6/recent/ticker-posts

6 Cara Agar Tidak Mengantuk Saat Membaca Al-qur’an

(mukenaanaklucu.com)

Bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia. Di mana pada bulan ini, umat Islam berbondong-bondong untuk meraup pahala, karena bulan ini pahala dilipatgandakan. Untuk mendapatkan itu, banyak cara yang dilakukan oleh umat Islam. Dari bersadakoh, iiktikaf, sampai membaca al-qur’an.

Bulan puasa, di mana sering didengungkan bawah bulan di mana setan dibelenggu, pintu neraka ditutup, dan pintu surga dibuka. Dengan dengungan itu, ada kala di mana sebuah pertanyaan terbersit dari hal itu: kenapa masih banyak orang berbuat maksiat? Sejatinya adalah, diri sendiri adalah setan yang nyata.

Kegiatan yang menguntungkan untuk meraup pahala berlipatganda dari yang dijelaskan tadi, salah satunya adalah tadarusan, atau membaca al-qur’an. Kegiatan ini kerap dilakukan setiap selesai sholat 5 waktu. Namun, kendalanya, kadang disaat membaca al-qur’an, rasa kantuk selalu datang. Inilah penyakit yang sering orang alami. Lalu, cara mengatasinya?

Baiklah, sesuai judul artikel, maka di sini akan dijelaskan 6 cara agar tidak mengantuk saat baca al-qur’an.

1. Mandi agar lebih segar
Sebelum memulai melaksanakan sholat, sebaiknya menyucikan diri dengan mandi. Hal ini akan berepek pada kebugaran tubuh. Saat tubuh bugar, otomatis rasa segar akan terasa. Jika demikian, maka pada saat baca al-qur’an tidak akan mengantuk.

2. Tarik napas dalam-dalam lalu buang
Jika tidak mandi, biasanya pada saat membaca al-qur’an rasa kantuk akan hadir. Langkah pertama dilakukan saat itu adalah, tarik napas dalam-dalam lalu buang. Kegiatan ini bisa dilakukan beberapa kali sampai rasa kantuk hilang.

3. Gerak-gerakkan tubuh
Rasa kantuk tetap datang setelah menarik napas dalam dan membuangnya, ini cara kedua untuk menghilangkan rasa kantuk yaitu, dengan menggerak-gerakkan tubuh. Mulai dari mematahkan leher, gerakkan tangan dan selonjorkan kaki.

4. Pijit-pijit muka
Jika rasa kantuk belum hilang juga, mulailah untuk memijit bagian muka. Lakukan berapa kali sampai rasa kantuk bisa hilang.

5. Cuci muka/berwudhu ulang
Rasa kantuk masih ada terus setelah melakukan berapa langkah di atas, cobalah basuh muka atau berwudhu ulang. Ini dilakukaan agar mengembalikan rasa segar pada diri kita.

6. Niat
Niat sangatlah penting. Justeru bagian niat adalah point yang utama. Karena niat yang bulat, otomatis motivasi untuk membaca al-qur’an pasti lancar. Segala kendala seperti ngantuk akan hilang dengan sendirinya.

Demikianlah uraian mengenai cara agar tidak mengantuk saat membaca al-qur’an. Demi mendapatkan pahala berlipatganda di bulan ramadhan, lakukanlah. Intinya dari semua ini adalah kebiasaan awal. Jika terbiasa baca al-qur’an, atau jadi rutinitas sehari-hari, maka rasa kantuk itu bisa hilang, bahkan tidak akan datang.


Reactions

Post a Comment

0 Comments